Mempawah (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar Deklarasi Kampanye Damai di halaman Kantor KPU Mempawah di jalan Raden Kusno, Kelurahan Tengah, Mempawah Hilir, Minggu.

Deklarasi Kampanye Damai dalam rangka pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mempawah 2018 itu dihadiri 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati dan massa pendukung. Rangkaian agenda tahapan pilkada yang digelar KPU Mempawah yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB.

Deklarasi Kampanye Damai dibacakan Ketua KPU Mempawah, Kusnadi. Menurutnya Deklarasi Kampanye Damai itu dilaksanakan secara serentak, dan dilakukan 115 Kabupaten/Kota se-Indonesia di 17 provinsi.

"Ada 17 provinsi yang menyelenggarakan pilkada serentak. Tujuan Deklarasi Kampanye Damai ini membangun komitmen bersama guna menghasilkan pilkada yang demokratis dan berkualitas," kata Kusnandi.

Deklarasi Kampanye Damai itu diikuti para paslon bupati dan wakil bupati. Kepada seluruh pasangan calon, KPU Mempawah menekankan untuk dapat menyelenggarakan kampanye damai dan menciptakan pilkada yang yang kondusif.

"Kita berharap seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung di pilkada 2018 ini dapat saling menjaga kondusifitas. Kita juga imbau selama kampanye semua pasangan calon dapat menawarkan visi misi dan program kerja dengan baik. Jangan melakukan kampanye hitam, apalagi memainkan isu sara dan merugikan calon lain," tegas Kusnandi.

Dalam Deklarasi Damai itu, seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung dalam pilkada Mempawah 2018 yang terdiri dari Syech Bandar-Hermanto Liem (paslon urut 1), Rahmad Satria-Ridwan Rusli (paslon urut 2), Erlina-Muhammad Pagi (paslon urut 3), dan Rudy Bachtiar-Mochrizal (paslon urut 4) menyatakan berkomitmen untuk melaksanakan kampanye damai selama masa kampanye yang dijadwalkan pihak penyelenggara pilkada di kabupaten itu.

Dalam deklarasi Kampanye Damai itu ke-4 pasangan calon bupati dan wakil bupati berjanji kepada masyarakat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Siap melaksanakan kampanye damai, demokratis dan mengedukasi masyarakat Kabupaten Mempawah.

Ke-4 pasangan calon bupati dan wakil bupati juga menyatakan siap melaksanakan kampanye anti kebohongan (hoax), tidak melakukan politisasi SARA dan tidak melakukan politik uang (Money Politic). Tunduk dan patuh terhadap peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi Kampanye Damai turut dihadiri Pj Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, Plt Sekda Mempawah, Ismail, Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, Dandim 1201/Mpw. Letkol Arm, Anom Wirasunu. Turut hadir pula para tokoh masyarakat, tokoh agama serta dan elemen penting lainnya seperti ormas dan tokoh pemuda.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018