Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Polsek Batang Lupar memberikan bantuan baju seragam untuk empat siswa SD Negeri 09 Desa Labian, Kecamatan Batang Lupar daerah perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Bantuan seragam sekolah itu untuk anak-anak yang kurang mampu," kata Kapolsek Batang Lupar, IPDA Rajiman, dihubungi Antara, Senin siang.

Ia menjelaskan diberikannya bantuan seragam sekolah itu upaya pihak kepolisian untuk peduli terhadap dunia pendidikan, khususnya untuk siswa yang kurang mampu.

Dikatakan Rajiman, kegiatan itu juga merupakan program Kampung Kamtibmas yang sebelumnya sudah di canangkan oleh Kapolres Kapuas Hulu.

"Kami membantu berupa seragam sekolah seperti merah putih dan pramuka lengkap dengan topi dan dasi," jelas Rajiman.

Sebelum menyerahkan bantuan seragam sekolah itu, kata Rajiman, dirinya menyelenggarakan upacara bendera di sekolah dan langsung memimpin upacara tersebut.

"Jadi melalui Kampung Kamtibas kami berusaha peduli terhadap lingkungan masyarakat baik dunia pendidikan mau pun sosial masyarakat," kata Rajiman.

Menurut Rajiman, saat upacara bendera dirinya menyampaikan pengertian disiplin kepada kalangan pelajar karena disiplin suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai - nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.

Bahkan kata Rajiman, disiplin akan membuat seseorang tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tidak sepatutnya dilakukan dan dilarang.

"Sikap disiplin usia dini sangat penting, apalagi untuk pelajar di perbatasan untuk meraih masa depan," kata Rajiman.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018