Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Jajaran kepolisian di wilayah Kapuas Hulu, gencar melakukan imbauan secara langsung kepada masyarakat untuk mewaspadai munculnya berita bohong (hoax) menjelang pelaksanaan Pilkada mendatang.

"Kami rutin bersilahturahmi dengan masyarakat untuk menyampaikan imbauan terkait berita bohong yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di masyarakat," kata Kapolres Kapuas Hulu, melalui Kapolsek Batang Lupar, IPDA Rajiman, menghubungi Antara, Kamis.

Ia mengatakan masyarakat harus lebih teliti dan berhati - hati dalam menanggapi informasi yang belum jelas kebenarannya, apalagi yang marak tersebar di media sosial seperti Facebook dan media sosial lainnya.

Disampaikan Rajiman, pihaknya bersama TNI selalu sinergis dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar kerukunan dan keharmonisan tetap selalu terjaga.

"Perbedaan pilihan pada Pilkada itu hal yang biasa dalam berdemokrasi, namun menjaga situasi yang kondusif itu sangat penting agar selalu terjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat," jelas Rajiman.

Dirinya berpesan dan berharap agar masyarakat lebih proaktif berkomunikasi dengan pihak kepolisian dan TNI untuk meminimalisir kemungkinan - kemungkinan yang akan terjadi yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban dalam Pilkada.

Tidak hanya itu, Rajiman juga mengimbau agar masyarakatnya tidak mudah terprovokasi dengan isu dan informasi yang berkembang yang berpotensi merusak keamanan.

"Saya berharap masyarakat bijaksana menanggapi isu - isu yang berkembang, jangan sampai masyarakat termakan oleh informasi yang belum tentu jelas kebenarannya, alangkah lebih baiknya tanyakan dulu kepada pihak terkait," imbau Rajiman.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018