Pontianak (Antaranews Kalbar) - Skadron 1 Elang Khatulistiwa ikut menyemarakkan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang pada saat berlangsungnya ritual "cuci jalan" yang rutin dilakukan para tatung di Kota Singkawang, Kamis.

Pesawat tempur double seat jenis Hawk 109/209 ini melakukan flypass sebanyak lima kali di atas langit Kota Singkawang.

Pesawat tempur yang ditunggangi oleh Letkol Pnb Supriyanto dan Letda Pnb Putut Merta ini sukses membuat ribuan warga kota dan pengunjung yang sedang melihat atraksi tatung berdecak kagum.

Bahkan banyak warga yang berteriak "lagi, lagi" setiap kali pesawat tempur buatan Inggris ini melintas.

Warga semakin antusias saat Hawk menampilkan atraksi "Low Pass" atau terbang rendah dan "roll maneuver" atau gerakan memutar.

"Gerakannya variasi saja, biar semangat yang nonton, karena kita pas lewat jadi sekalian meramaikan acara," kata Putu Merta.

Putu Merta juga mendoakan agar acara puncak pawai tatung yang akan berlangsung pada Kamis berjalan sesuai rencana dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat ataupun pengunjung yang datang ke Kota Singkawang.

Sementara untuk acara puncak Cap Go Meh, Putu mengatakan, tidak ada Flypass dari skadron 1. "No Flight besok," katanya.

Sementara itu, Lili warga Kota Singkawang mengaku sangat senang melihat aksi flypass yang dilakukan oleh personel skadron 1 sangat menghibur.

Sebab sangat jarang sekali masyarakat dapat melihat pesawat tempur ini terbang dalam kondisi yang cukup rendah.

"Bagus banget, awalnya tidak menyangka juga, lihat ke atas rupanya pesawat tempur," kata Lili saat berada di sekitar Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya Singkawang.

Dia juga mengaku kagum dengan aksi memutar yang dilakukan oleh pesawat tempur ini, terlebih aksi ini dapat dilihat jelas dari pusat Kota Singkawang.

"Kalau bisa sering-sering atau pas ada kegiatan besar, pasti seru," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018