Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kepala Kantor Seksi Logistik, Bulog Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Halpid Agus Handi mengatakan ketersediaan pangan di wilayah Kapuas Hulu hingga lebaran mendatang aman.

 "Beberapa stok pangan seperti beras, gula, minyak goreng dan daging beku kami siapkan untuk stok mulai bulan puasa hingga lebaran," kata Agus ketika ditemui, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis.

 Ia menjelaskan dalam waktu dekat akan didatangkan tambahan sebanyak lima ton, minyak goreng lima ton serta daging beku dan ketersediaan beras aman.

 Sehingga, kata Agus dengan ketersediaan yang ada tidak seharusnya harga di pasaran bisa melonjak menjelang puasa dan lebaran.

"Jika pun ada kelangkaan atau kenaikan harga di pasar bisa jadi ada permainan pedagang, karena menang stok pangan kita ada sampai lebaran nanti," kata Agus.

Dia mengatakan untuk menekan harga di pasaran, Bulog Putussibau akan melaksanakan gerakan stabilitasi pangan dan gerakan stabilitasi harga pangan.

"Kami berupaya agar harga pangan menjelang puasa dan lebaran tidak naik dan tidak langka," tegas dia.

Sementara itu, salah satu warga Putussibau, Ahmad (38) berharap menjelang puasa dan lebaran tahun ini tidak ada kenaikan harga sembako di Pasar Putussibau.

"Kita berharap pengawasan untuk sembako terutama yang berkaitan dengan harga dan ketersediaan benar - benar terjamin," kata Ahmad.

Dirinya juga meminta agar pihak terkait dapat memantau perkembangan pasar jangan sampai terjadi penimbunan dan kelangkaan.

"Jika stok sudah ada di Bulog Putussibau, berarti tidak ada alasan pedagang menaikkan harga pangan dengan alasan stok terbatas, itu perlu pengawasan serius," kata Ahmad.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018