Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan saat melepas karnaval peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Seni Siswa Nasional (FS2N) di halaman Kantor Wali Kota Singkawang mengimbau agar peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas.

Dimana dalam karnaval yang digelar, para peserta berkumpul di halaman Kantor Wali Kota Singkawang berjalan menuju Jl Firdaus, Pangeran Diponegoro, Safiuddin, Alianyang dan kembali ke Kantor Wali Kota Singkawang.

Dia meminta, kepada peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Seni Siswa Nasional (FS2N) dapat berkompetisi secara sehat menuju siswa Hebat khususnya di bidang olah raga dan seni.

"Jadikan ajang ini bagi para siswa untuk berkompetisi secara sehat menuju siswa Hebat khususnya di bidang olahraga dan seni," katanya, Jumat.

Kegiatan ini, katanya, selain menyiapkan generasi sehat jasmani dan rohani juga melestarikan nilai seni dan budaya di kalangan generasi muda.

Apalagi, pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan salah satu dari empat pilar dalam pembangunan pendidikan nasional yang meliputi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga.

Oleh sebab itu, baik pemerintah,?guru dan orang tua harus terus mendorong anak-anak berkreasi bahkan berinovasi dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

Hanya saja, dengan adanya kompetisi ini diharapkan semakin tumbuh semangat persahabatan, persaudaraan yang terintegrasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter pada anak.

"Hal tak kalah penting lainnya, O2SN dan FS2N ini juga menjadi momentum tahunan agar untuk menumbuhkan motivasi anak berkompetisi dan berprestasi secara sehat," ungkapnya.

Bahkan, anak-anak kita melalui kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang baik seperti belajar bekerjasama,belajar mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri serta belajar menghargai kekuatan lawan.

Dengan terus motivasi siswa siswi pada kegiatan positif seperti ini,?dia berharap dapat menghindari dampak negatif di tengah masyarakat yang kini masih menjadi momok serius bagi masyarakat seperti bahaya narkoba, minuman keras, pergaulan bebas hingga menghindari rokok.

"Makanya dengan menyibukan anak-anak kita dengan kegiatan kompetitif yang sehat dan berprestasi maka kita juga dapat mempersiapkan mental anak-anak sejak dini baik segi mental dan spritualnya," jelasnya.

Acara karnaval itu, selain dihadiri Kepala beserta staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang juga dihadiri Gea Indrawari yang merupakan kontestan Indonesian Idol asal Kota Singkawang.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018