Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menginginkan agar Posko SAR terbentuk di Kota Singkawang, untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada di kota itu.

Keinginan dirinya bukan tanpa alasan, mengingat Kota Singkawang yang sudah menyandang sebagai destinasi wisata ini cukup banyak memiliki obyek wisata pantai dan terbilang cukup rawan akan kecelakaan di perairan.

"Kalau dapat, memang ada ya (Kantor atau Pos SAR) di Singkawang," kata Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Minggu.

Namun untuk itu,?katanya,? perlu ada kajian terutama terkait lokasi pendirian Pos atau Kantor SAR di Kota Singkawang.?"Harus ada kajian dan hal-hal teknis lainnya sehingga harus dilakukan koordinasi dan pembicaraan lebih lanjut," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika sangat mendukung keinginan Wali Kota Singkawang untuk memperkuat SAR di Kota Singkawang.

Hal itu dikarenakan, Singkawang cukup banyak tempat-tempat obyek wisata pantai dan memiliki banyak nelayan tradisional.

"Saya pikir itu ide yang sangat bagus, karena bisa dibayangkan kalau bentangan pantai Pasir Panjang saja seperti itu sudah pasti tingkat kerawanannya cukup tinggi," katanya.

Oleh karena itulah, dirinya sangat mendukung atas ide dan usaha Ibu Wali Kota untuk memperkuat SAR di Kota Singkawang.

"Nanti akan kita bicarakan lebih intens lagi, yang jelas kami dari Badan Nasional Bencana Pertolongan selalu siap apabila Pemda membutuhkan SAR," katanya.

Sementara, Anggota DPRD Singkawang, Anewan sangat mendukung jika Posko SAR akan di bangun di Kota Singkawang. "Saya sangat mendukung jika Posko SAR akan di bangun di Singkawang," katanya.

Mengingat, banyaknya area pantai untuk berwisata,?sebagai antisipasi yang cepat dan mudah maka dia menilai pendirian Posko SAR sangat tepat untuk dilakukan.?

"Apalagi risiko dan rawannya kecelakaan di daerah perairan itu cukup tinggi. Oleh sebab itu, saya mendukung sepenuhnya jika wacana tersebut?menjadi kenyataan, jadi bukan hanya sekedar wacana," ujarnya.?

Hal ini juga tentunya sangat mendasar, mengingat kejadian-kejadian kecelakaan di laut yang pernah terjadi khususnya di Kota Singkawang. Dimana, korban sulit ditangani dengan respon yang cepat karena letak petugas atau tim SAR sangat jauh dari lokasi kejadian.

"Saya berharap wacana ini bisa dengan cepat direalisasikan, agar angka kecelakaan di air dapat di tekan seminim mungkin, karena dengan adanya posko diharapkan mampu memudahkan kerja para tim SAR untuk menolong korban kecelakaan di air," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018