Sanggau (Antaranews Kalbar) -Dukungan warga Dusun Teloga,  Desa Idas,  Kecamatan Noyab, Kabupaten Sanggau terhadap program TMMD Reguler Perbatasan (Regtas) ke-101 tahun 2018 bukan isapan jempol belaka.
    Buktinya warga setempat sedikitnya seratusan orang bersama personel TNI bahu membahu mengerjakan peningkatan jalan dan membangun gotong-gorong, pada Kamis (12/4).
   Warga bersama personel TNI terlihat bersemangat,  walaupun dibawah teriknya sinar matahari dan cucuran keringat.
    Salah seorang warga setempat Antonius mengaku tak bisa melukiskan rasa terima kasih mereka terhadap TNI yang telah melaksanakan program TMMD di wilayah tersebut.
    "Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI.  Khususnya kepada Bapak Dandim Sanggau atas program TMMD ini.  Untuk itu kami tidak boleh hanya berpangku tangan atau diam saja melihat bapak - bapak TNI bekerja. Nah, makanya kami harus turun juga untuk membantu meskipun dengan peralatan apa adanya saja," ungkap Anton.
   Antonius berharap, apa yang sudah dibangun dan dikerjakan TNI bersama warga dapat dijaga dengan baik oleh warga, karena semua kepentingannya untuk masyarakat.
     "Untuk itu, kami berjanji apa yang telah dibangun oleh TNI melalui TMMD akan kami jaga. Kami sangat merasakan manfaatnya. Harapan kami semoga TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahun ini di kampung kami dapat berjalan sesuai dengan yang sudah di jadwalkan," ujarnya tulus.
    Terpisah Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Heri Purwanto melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Eko Prasetyo mengatakan program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahun 2018 merupakan wujud nyata menyatunyaatau manunggalnya TNI dan rakyat. Untuk itu lewat semangat gotong-royong yang menyentuh langsung pada kehidupan masyarakat. Program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sanggau ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.
    "Maka dibutuhkan kesadaran dan partisipasi semua komponen bangsa. Khususnya untuk saling bahu-membahu membantu tugas negara dan pemerintah," tegas pria dengan tiga balok dipundak ini.
   Ditambahkan, TNI sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan dalam Undang-Undang Nomor  34 tahun 2004 tentang TNI, menyebutkan dua pola operasi pokok TNI, yakni Operasi Militer untuk Perang  (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan seperti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).
   "TNI lahir dari rakyat dan dibesarkan oleh rakyat, artinya TNI harus berorentasi kepada kepentingan rakyat. Maka program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau tahun ini hadir sebagai bukti cinta TNI kepada rakyat. Selain itu, merupakan upaya mendukung pemerintah membuka akses transportasi sehingga kedepan melahirkan efek berganda bagi masyarakat dalam segenap aspek," pungkas dia.


 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018