Jakarta (Antaranews Kalbar) - Ketua Dharma Wanita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Budiarti mengatakan perempuan harus mandiri secara ekonomi meskipun dari sisi keuangan sudah dipenuhi oleh suaminya.

"Mandiri secara ekonomi membuat perempuan lebih dewasa serta semakin setara dalam berkomunikasi di keluarga dan lingkungan," kata Budiarti di Jakarta, Jumat.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong kaum perempuan untuk aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh Dharma Wanita, salah satunya adalah kegiatan bazaar yang diadakan dalam peringatan Hari Kartini.

Kegiatan bazaar yang dilakukan tiga kali dalam setahun tersebut bertujuan membantu memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah dengan memberikan ruangan bagi mereka untuk memasarkan produknya langsung kepada masyarakat.

Baca juga: Karolin perjuangkan hak perempuan

"Perempuan zaman sekarang harus meningkatkan kemampuan diri di segala bidang termasuk di antaranya bidang ekonomi," harap dia.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo, mengatakan, meski gaung peringatan RA Kartini terus muncul setiap tahun, namun semangat Kartini belum menjadi arus utama dalam semua bidang.

"Faktanya, masih banyak kasus kejahatan siber yang menyasar kelompok perempuan, kekerasan perempuan, diskriminasi, perkawinan dini, trafiking, eksploitasi perempuan dengan berbagai cara. Ini menunjukkan ide besar dan semangat Kartini belum menjadi pemicu, meski menjadi bahan diskusi dan ritual tahunan setiap April," kata Giwo.

Giwo menambahkan melalui peringatan Hari Kartini, pemerintah harus memperkuat komitmennya untuk berbuat nyata serta mengevaluasi kebijakannya, efektifitas kebijakannya, pelaksanaan kebijakan yang ada serta melakukan langkah konkrit untuk masa depan perempuan Indonesia.

Baca juga: Sasaran pembangunan berkelanjutan tak bisa dicapai jika hak perempuan ditolak

"Indonesia harus terus berbenah dan terus melakukan pembaruan, ide Kartini harus terus digulirkan, digelorakan, disuarakan dan direalisasikan sesuai dengan konteks zamannya. Ide besarnya kita ambil, tetapi strateginya perlu dikembangkan sesuai perkembangan zaman," harap Giwo.

 

Pewarta: Indriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018