Sanggau (Antaranews Kalbar) - Para pelajar dari SD Negeri 01 Desa Noyan, terlihat sangat antusias menerima materi teori serta praktek tentang kepramukaan.
    Kegiatan kepramukaan di sekolah tersebut, dilaksanakan prajurit TNI selaku personel Satgas TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau TA 2018, Jumat (20/4). 
    Dandim 1204 Sanggau Letkol Heri Purwanto melalui salah seorang anggota Satgas TMMD yang memberikan pelajaran kepramukaan tersebut, Pelda Sudaruanto mengatakan kegiatan itu memanfaatkan waktu di sela-sela istirahat. 
    Dan memberikan materi ringan tentang kepramukaan dan bela negara agar cinta tanah air melalui cerita menarik seputar pengalaman tugas, sehingga dapat memotivasi anak-anak.
    "Mereka saya ajarkan baris berbaris secara militer dengan beberapa sikap, baik periksa kerapian, sikap baris berbaris ditempat ataupun dalam posisi pergeseran pasukan," ungkap dia.
    Selain itu kata Sudaruanto, para siswa tersebut diberikan materi peraturan baris-berbaris, bagaimana membentuk jiwa korsa atau kebersamaan, kemudian agar tabah dalam menghadapi tekanan.
    "Salah satu tujuannya agar mampu melatih otak untuk berpikir cepat dan tepat dibawah tekanan tersebut melalui aba-aba atau perintah yang diberikan," ujar Sudaruanto.
    Ia berharap, kedepannya para siswa ini akan menjadi generasi pramuka yang handal, cepat, cekatan dan terlatih, karena tidak ada orang hebat, melainkan orang yang terlatih.
 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018