Pontianak  (Antaranews Kalbar) - KM Lintas Bahari VIII, Selasa, terbakar saat bersandar di Dermaga Mataso, Gang Anggur, Kecamatan Pontianak Barat, atau di kawasan Sungai Kapuas Pontianak.

"KM Lintas Bahari VIII terbakar sekitar pukul 15.00 WIB, yang diduga dipicu oleh percikan api saat ABK KM tersebut sedang memotong besi dengan gergaji mesin," kata Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Barmawis di Pontianak.

Ia menjelaskan, pada saat ABK KM Lintas Bahari VIII memotong besi, lalu percikan api menyambar bahan kelontong atau jenis gabus sehingga menyebabkan kebakaran.

"Karena saat kejadian terjadi angin kencang, maka api semakin membesar, sehingga membakar barang apa saja yang mudah terbakar di KM tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, meski pun barang-barang yang ada di dalam KM tersebut terbakar, tetapi KM yang terbuat dari besi tersebut tidak ikut terbakar.

"Dari data yang kami peroleh nakhoda KM tersebut atas nama Asun dengan total ABK sebanyak 18 orang," ujarnya.

Kapolsek Pontianak Barat, menambahkan dalam kejadian kebakaran tersebut, semua ABK dalam keadaan selamat.

"Saya beserta Danramil Pontinak Barat, dan anggota KP3L langsung mendatangi lokasi kebakaran KM tersebut, dan tampak petugas pemadam kebakaran swasta sudah bahu-membahu memadamkan api tersebut," katanya.

Tampak sejumlah pemadam kebakaran milik yayasan pemadam kebakaran (YBS) swasta ikut memadamkan kebakaran KM tersebut, diantaranya YBS Panca Bhakti, Merdeka, Sepakat, Bakti Sungai Beliung, Budi Pekerti, Sungai Rengas, dan YBS Sungai Jawi.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018