Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 181 meriam karbit dari 49 kelompok, siap memeriahkan malam Lebaran tahun 2018 di sepanjang Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Sebanyak 181 meriam karbit tersebut, siap memeriahkan malam Lebaran dengan suara dentuman khasnya," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak, Rendrayani di Pontianak, Jumat.

Ia meminta, masyarakat untuk datang menyaksikan dengan cara berkelompok, sehingga tidak membuat kemacetan pada saat malam takbiran.

"Kelompok meriam karbit, Banjar Baru, Jalan Yusuf Karim, Kelurahan Banjar Serasan akan jadi tuan rumah Festival Meriam Karbit tahun 2018, dan rencananya, festival nanti akan dibuka Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Doddy Riyadmadji," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Meriam Karbit, Seni dan Budaya Kota Pontianak, Fajriudin Ansari menyatakan, jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

"Dalam festival kali ini,?kriteria penilaian dari panitia adalah irama atau dentuman, hiasan meriam, dekorasi dan kesenian serta kekompakan dari para kelompok meriam karbit tersebut," katanya.

Menurut dia, tahun ini pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp110 juta, yang pencairannya setelah Lebaran, sehingga untuk mengantisipasinya, pihaknya akan mencarikan dana talangan terlebih dahulu.

Anggaran sebesar tersebut untuk pembuatan Posko Festival Meriam Karbit sebesar Rp15 juta, dan termasuk untuk bonus para juara, katanya.

"Bantuan dana dari pemerintah tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, artinya ada perhatian pemerintah," katanya.


 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018