Pontianak (Antaranews Kalbsr) - Polres Bengkayang, Kalimantan Barat akan menurunkan 124 personel untuk mengawal kegiatan takbiran keliling di pusat kota daerah tersebut dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Takbiran keliling yang digelar Panitia Hari Besar Islam siap kita kawal. Informasi awal peserta takbiran menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Namun, hingga hari ini belum diketahui berapa jumlah peserta yang akan mengikuti pawai karena belum dilaporkan," ujar Kabag Ops Polres Bengkayang, Kompol Paino saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Sedangkan kata Paino pada saat Shalat Idul Fitri sendiri pihaknya akan menurunkan 39 personel untuk mengawal ibadah shalat hari raya tersebut.

"Setelah malam takbiran pada paginya akan dilaksanakan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah. Shalat dalam skala besar di kota kabupaten ini dipusatkan di Lapangan Kompi/641 Raider Bengkayang dan Masjid Jami Jalan Masjid Jami. Pada pengamanan shalat tersebut kami menerjunkan sebanyak 39 personel," jelas dia.

Ia menambahkan pengamanan shalat Idul Fitri di wilayah kecamatan pihaknya telah melimpahkan ke Polsek masing - masing.

"Porsonel Polsek akan turut juga turun di sejumlah titik untuk memastikan dan memberi pengawalan dalam Shalat Idul Fitri," papar dia.

Sementara secara umum kata dia untuk pengawalan perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah melalui Operasi Ketupat 2018 telah menyiapkan juga tiga Posko Pengamanan (Pospam) dan dua Posko Pelayanan (Posyan).

"Untuk Pospam ditempatkan di wilayah Sungai Duri Kecamatan Sungai Raya, Bengkayang, Kecamatan Bengkayang dan Simpang Tiga Ledo - Subah - Sanggau Ledo Kecamatan Ledo. Sedangkan Posyan dipusatkan di Lokasi Wisata Mimiland dan Pantai Samudra Indah," jelas dia.

Dijelaskan dia untuk tahun ini jumlah Pospam dan personel yang ditugaskan dibandingkan tahun sebelumnya ada pengurangan. Hal itu karena ditempatkan juga untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Kalbar 2018.

"Untuk Pospam dan Posyan saat ini hanya 6 personel per Pos karena personel lainnya ditugaskan di Pos KPU Bengkayang. Pada waktu bersamaan pada momen tersebut kita juga menerjukan personel dalam kegiatan Nyobeng, kegiatan adat Dayak di Sebujit," jelas dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018