Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sambas, terus gencar mempromosikan kain tenuh khas daerah itu melalui lomba karnaval.

"Lomba karnaval tenun Sambas akan berlangsung pada 19 Agustus 2018 mendatang. Penyelenggaranya nanti dari Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas," ujar Wakil Bupati Sambas, Hairiah saat dihubungi di Sambas, Senin.

Adanya karnaval tersebut jelas Hairiah selain mempromosikan kain tenun Sambas ke dunia juga untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan Sambas terhadap tenun kebanggan orang Sambas tersebut.

"Tentu,lomba Karnaval ini salah satu upaya untuk mempromosikan serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kain tenun Sambas. Semoga tenun Sambas semakin dikenal dan dicinta semua pihak," harpanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas, Musanif menjelaskan karnval juga merupakan bagian dari rangkain peringatan HUT Kota Sambas yang ke-387 tahun.

"Selain itu, karnaval juga bagian acara memperingati perpindahan Kota Sambas ke-19 dari Singkawang dan HUT Kemerdekaan RI.

Melalui lomba karnaval ini kita ingin gencarkan promosi kain kebanggaan masyarakat Sambas," papar dia.

Ia merincikan bahwa penyelenggaraan karnaval tenun Sambas dimulai dari Istana Alwatzikoebillah Sambas dan berakhir di Kantor Bupati Sambas.

"Masyarakat diharapkan untuk dapat mengikuti kegiatan lomba tersebut. Masyarakat bisa mendapatkan diri dan kelompok mulai pada tanggal 8 Juni -dengan 16 Agustus 2018 di kantor kami atau secara online mengisi formulir melalui facebook tenun Sambas atau melalui WhatsApp 0853 4691 6638 Saifudin dan email industri_Sbs@yahoo.co.id," kata dia.

(KR-DDI/B012)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018