Pontianak (Antaranews Kalbar)  - Sebanyak 38 pelajar asal Jawa Tengah tingkat SMA, SMK dan SMKLB bersama tujuh pendamping tiba di Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin sekitar pukul 13.00 WIB.
    Kedatangan para pelajar tersebut dalam rangka mengikuti program  Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 dimana seluruh BUMN sebagai pelaksana kegiatannya.
   Dalam program SMN Tahun 2018 di Kalbar, BUMN yang mendapat tanggung jawab mengirim pelajar dari Jawa Tengah adalah PT Kereta Api Indonesia dengan pendamping PT TWC, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, dan Perum Perhutani.
    Sedangkan yang mengirim dari Kalbar ke Jawa Tengah PT Waskita Karya dengan pendamping PT Sucofindo (Persero).
    "Mereka terbang langsung dari Semarang ke Bandara Internasional Supadio Kalbar dengan mengunakan pesawat Lion Air. Dan, langsung menuju ke BPSDM di Jalan Moh.Sohor Pontianak," kata salah satu tim pelaksana kegiatan, Azizah Farahfati di Pontianak.
    Ia menambahkan, rombongan pelajar Jateng itu akan melakukan berbagai kegiatan selama delapan hari.
    "Banyak kegiatan yang akan mereka lakukan, besok pagi mereka akan melakukan kegiatan di Kodam XII/Tanjungpura. Itu selama dua hari, lalu hari berikutkan ada jalan-jalan budaya yaitu mereka akan mengunjungi rumah-rumah adat dan ibadah," katanya.
    Kegiatan ini, ujar Azizah, dimaksudkan untuk mengenalkan berbagai rumah adat dan ibadah yang ada di Pontianak. 
    "Di Kalbar inikan kaya perbedaan agama, rumah-rumah ibadah dan adat. Kemudian mereka juga akan melihat langsung Tugu Khatulistiwa, ke Kraton Kadariyah dan dilanjutkan perjalan sosial ke rumah batik di Kampung Beting Pontianak Timur," katanya.
    Selain itu, lanjutnya, para pelajar Jateng ini juga akan mengunjungi BUMN yang ada di Kalbar seperti PTPN XIII dan kemudian belajar entrepreneurship di UMKM di LKB Pontianak. 
    "Dari anak-anak ini di akhir acara tanggal 19 Agustus 2018, akan ada pentas seni. Pada acara ini mereka akan menampilkan seni budaya dan nyanyian berasal dari Jawa Tengah," pungkasnya. 

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018