Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Fatah Mariyuani mengimbau kepada masyarakat untuk waspada Hepatitis A mengingat di daerah tetangga Kota Singkawang telah muncul penyakit menular tersebut.

"Saat ini dari data dinas kesehatan masih belum ada pasien Hepatitis A. Namun kiranya kita memang mesti waspada karena penyakit ini telah muncul di Kota Singkawang, daerah yang berbatasan langsung dengan kita," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia menyebutkan kewaspadaan masyarakat penting lantaran penyakit tersebut sangat mudah untuk menular melalui berbagai cara.

Baca juga: Terapkan PHBS cegah penyakit hepatitis A

"Penyakit ini disebabkan virus Hepatitis A, yang akan mengakibatkan penyakit radang hati virus ini mudah menular melalui makanan dan minuman. Jadi kita mesti waspada,"jelas dia.

Mariyuani menjelaskan bahwa masyarakat bisa menghindari terpapar virus tersebut yakni dengan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

"Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan, misalnya membersihkan tangan sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan, lalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan jangan berbagi perlengkapan makan, handuk serta sikat gigi,"tuturnya.

Baca juga: Dinkes Singkawang khawatir virus Hepatitis A berasal dari kantin sekolah

Ia menyebutkan adapun ciri-ciri tubuh yang terkena penyakit tersebut yakni seperti mual, muntah, demam dan kalau sudah serius?mata dan kulit jadi kuning.

"Jika masyarakat mengalami gejala yang disebutkan untuk segera berobat ke rumah sakit. Penyakit tersebut memang bisa disembuhkan dengan cara meningkatkan ketahanan tubuh dan minum madu yang dicampur gula batu serta lainnya. Namun sebaiknya segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat," jelas dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018