Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyatakan siap menggandeng Sutarmidji selaku gubernur yang akan dilantik pada Rabu (5/9) dalam mendorong Kalbar sebagai pilot project nasional hilirisasi sektor pertanian.
    "Selamat kepada pak Sutarmidji sebagai gubernur rakyat Kalbar, dan kita doakan agar beliau bertangan dingin dalam membawa rakyat Kalbar lebih sejahtera," kata Daniel Johan, anggota DPR RI Dapil Kalbar dari Fraksi PKB saat dihubungi di Pontianak, Selasa.
    "Sekali lagi titip nasib petani karet, sejahterakan petani dan nelayan yang mencakup 90 persen rakyat Kalbar. Saya di pusat siap mendorong Kalbar sebagai pilot project nasional program hilirisasi untuk petani," kata Daniel.
    Sehingga, lanjut dia, petani tidak lagi hanya bekerja keras menghasilkan bahan baku pangan, tapi juga bisa memiliki dan menguasai industri pangan,.
    "Hal ini akan memotong jalur distribusi, meniadakan praktek tengkulak, dan yang terpenting nilai tambah harus kembali ke petani sehingga daya beli dan pendapatan petani meningkat," kata dia.
    Menurut dia, otomatis ini akan menurunkan tingkat kemiskinan di Kalbar sekaligus menjadi dasar pertumbuhan yang berkualitas.
    "Karena meningkatnya daya beli petani akan memberi dampak bagi perekonomian Kalbar, yang nonpetani juga akan laku jualannya," ujar Daniel.
    Untuk itu ia mengajak agar semua mendoakan dan bekerja sungguh-sungguh membantu kesuksesan Sutarmidji dalam membawa Kalbar lebih baik lagi.
    Ia juga mengingatkan Kalbar sebagai miniatur Indonesia yang begitu kaya dengan keberagaman.
     "Eksistensi dan kemajuan Kalbar sangat tergantung dari bagaimana keberagaman Kalbar dijaga dan menjadi modal dasar untuk kemajuan. Pak Midji harus menjadi bapak dan gubernur bagi segenap rakyat Kalbar, tanpa batas dan jarak," katanya menegaskan.
    Pada Pilkada Kalbar, Sutarmidji - Ria Norsan unggul dengan perolehan suara terbanyak, yakni sebanyak 1.334.512 suara atau sebesar 51,55 persen, katanya.
       Kemudian, pasangan calon lainnya, yakni Karolin Margret Natasa - Suryadman Gidot dengan perolehan 1.081.876 suara.
        Sedangkan untuk pasangan calon Milton Crosby - Boyman Harun memperoleh 172.151 suara.
     Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Sutarmidji - Ria Norsan bersama delapan pasangan gubernur - wagub lain hasil pilkada serentak 27 Juni lalu.

       
Baca juga: Daniel Johan bantu petani 10 ribu bibit tanaman

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018