Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Dewan Kerajinan Tangan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalbar, Lies Maryani Sutarmdji, menyatakan dirinya siap untuk memaksimalkan potensi kerajinan tangan masyarakat Kalbar dan mengangkatnya menjadi produk unggulan daerah skala nasional.

 "Tugas dan tanggung jawab yang saya terima sebagai Ketua Dekranasda Kalbar ini tentu akan saya jalankan dengan baik. Saya akan berusaha untuk memaksimalkan potensi kerajinan masyarakat Kalbar dan menjadikannya produk unggulan darerah," kata Lies Maryani di Pontianak, Kamis.

Lies Maryani telah dilantik menjadi Ketua Dekranasda Kalbar oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny Mufidah Kalla pada Rabu (5/9) sore.

Di hari yang sama, dirinya juga dilantik sebagai Ketua TP PKK Kalbar oleh Ketua Umum TP PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

 Lies Maryani menambahkan, dengan pelantikan suaminya sebagai Gubernur Kalbar, maka tugas suaminya memang makin berat, terutama harus keliling 14 kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

 "Kalau dulukan hanya di Kota Pontianak dan kekecamatan," tuturnya.

Dirinya juga harap kepada gubernur agar bisa membagi waktu dengan wakilnya serta waktu untuk keluarga.

"Kita berharap Kalbar akan lebih baik lagi nantinya, kalau saya mendampingi bapak, tentunya kegiatan yang berdampingan juga," jelasnya.

Sebagai Ketua TP PKK Kalbar, dirinya juga siap untuk memajukan PKK dan Deknasda seluruh Kabupaten/Kota dan khususnya Provinsi.

 Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny Mufidah Kalla meminta istri gubernur dalam kapasitas sebagai ketua Dekranasda mengembangkan kerajinan nusantara.

 "Sinergi Dekranasda provinsi maupun Dekranasda kabupaten dan kota sangat perlu dilakukan agar hasil pembinaan kepada pengrajin dapat maksimal. Sehingga upaya kita semua dapat dirasakan oleh pengrajin nusantara dan meningkatkan daya saing pengrajin," kata Mufidah.

Dengan adanya hal tersebut, dirinya berharap pada gilirannya lembaga dikenal mumpuni karena sudah menjadi lembaga yang handal dalam keikutsertaannya menyejahterakan para perajin kita.

Dia juga berharap kepada ketua Dekranasda yang baru dilantik untuk segera membentuk pengurus Dekranasda. "Diharapkan para istri Gubernur yang dilantik itu segera menyusun program kegiatan kerajinan," harapnya.

Tentunya dalam menyusun program kegiatan tersebut harus tetap mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

"Dekranas merupakan organisasi independen dan nirlaba yang berfungsi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya nusantara. Karena itu penting untuk membina dan mengembangkan seni kerajinan untuk meningkatkan kesejahteraan para perajinan Indonesia," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018