Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Lembaga Antariksa Nasional (Lapan) Pontianak menghadirkan planetarium pada agenda wisata Lintas Kulminasi bertajuk "Ajaibnye Tugu Khatulistiwa" di ibu kota Kalbar, 19-23 September 2018.

 "Kembali kami hadirkan Lapan Pontianak untuk memberikan edukasi kepada pengunjung tentang titik kulminasi dan fenomena antariksa lainnya di Area Tugu Khatulistiwa Pontianak," ujar Kadisporapar Pontianak, Syarif Saleh, Jumat.

Planetarium Lapan tersebut memberikan informasi dan video tentang antariksa dan fenomenanya, kata Syarif.

 Ia menambahkan,selain planetarium Lapan juga menghadirkan teropong antariksa yang bisa digunakan pengunjung di Area Tugu Khatulistiwa tersebut.

 "Lapan juga menyelenggarakan lokakarya di lokasi Tugu Khatulistiwa untuk pengunjung.? Konsep edukasi sangat kami tekankan di kegiatan kali ini," jelas dia.

 Menurutnya dalam Lintas Kulminasi sejumlah agenda lainnya dihadirkan mulai dari sejumlah penampilan seni dan budaya, pameran UMKM, berbagai jenis lomba dan workshop dan lainnya.

"Kami mengajak masyarakat untuk menyaksikan sejumlah persembahan dan pesona kulminasi matahari," papar dia.

Sementara itu Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak Moch Rizal Razikan mengatakan bahwa? fenomena kulminasi matahari di Kota Pontianak merupakan kejadian unik dan hanya beberapa tempat saja di dunia khususnya di tengah kota.

"Fenomena alam terutama di garis lintang nol derajat di Kota Pontianak adalah kekayaan kita.Garis lintang khatulistiwa yang ditandai dengan monumen. Tugu Khatulistiwa adalah daya tariknya. Ini akan terus kita promosikan dengan maksimal," papar dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018