Pontianak (Antaranews kalbar) - Berbicara tentang tempat wisata kuliner, tentu tidak akan jauh-jauh dari menu yang lezat dan menggoda selera serta venue yang nyaman dan instagrammable. Umumnya, dua faktor inilah yang selalu menjadi bahan pertimbangan bagi seseorang untuk memilih tempat bersantap.

Tak diragukan lagi, di Jakarta, Kota Metropolitan, ada banyak alternatif tempat makan, baik yang berkonsep restoran maupun kafe. Nah, khusus untuk pecinta menu seafood, ada beberapa tempat kuliner hits yang wajib disambangi. Untuk Anda yang berasal dari luar Jakarta dan telah menyiapkan tiket pesawat liburan anda, perhatikan daftar berikut ini ya.

Salah satunya, Miting Lobster berlokasi di Rumah Genjing, Jalan Pramuka Raya No. 56, Cempaka Putih. Menu yang tersedia di restoran ini antara lain lobster, kepiting, udang, kerang, dan cumi. Ada pula menu special mix, yaitu campuran antara seluruh jenis menu seafood tersebut dengan harga paling rendah sekitar Rp85.000 per paket.

Bagi yang suka rasa pedas, ada pilihan tingkat kepedasan hingga tiga level. Saus yang tersedia juga bermacam-macam, mulai dari saus padang, saus black pepper, saus telur asin, dan saus garlic butter.


Kemudian Fish Streat yang beralamat di Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 44B, Tebet. Fish Streat mulai dibuka pada 10.00–22.00 WIB setiap hari. Menu-menu yang tersedia di sini juga berbahan dasar seafood. Salah satunya, Seafood Shack, yaitu menu yang terdiri dari seafood berbagai jenis dan bisa dikonsumsi oleh 2-3 orang. Ada 3 jenis saus yang tersedia, yaitu fish streat sauce, garlic butter sauce, dan hot pepper sauce.

Selain itu, ada pula menu lain, seperti Seafood Platter, Grilled Shrimps, Crispy Calamary, Chicken Creamy Fettucini, dan sebagainya. Ada juga pilihan fish and chips, jenis menu yang sederhana, tetapi memiliki cukup banyak penggemar.

 

Bandar Djakarta, adalah restoran yang menyajikan hidangan laut lain dengan konsep casual dining ini berlokasi di sekitar area Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur. Restoran ini mulai dibuka pada 11.00–23.30 WIB setiap hari. Seperti restoran casual dining lain, ada beragam menu yang tersedia di Bandar Djakarta. 

Untuk appetizer, tersedia kentang goreng, udang crispy, tahu goreng, tahu ondel, dan sebagainya. Ada pula sup, seperti sup tomyum seafood, sup asparagus, sup jagung ayam, dan sebagainya. Khusus untuk kepiting, tersedia dalam dua jenis, yaitu kepiting bakar atau kepiting rebus. Sementara itu, bagi pecinta sashimi ada pilihan lobster. 

Berbagai macam makanan laut lainnya dapat dinikmati dalam bentuk goreng, bakar, saus maupun sup. Untuk mengimbangi, tersedia beberapa menu sayuran, seperti daun ubi, pakis, dan taoge.


Nama Cut The Crab cukup terkenal sebagai restoran seafood yang lezat. Dengan konsep casual dining, restoran yang terletak di Jalan Cikajang No. 32, Senopati ini menyajikan menu yang tak kalah enak. Selain di Senopati, ada pula gerai Cut The Crab di daerah Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, dan Pecenongan.

Ada 3 pilihan menu yang tersedia, yaitu direbus, dipanggang, atau digoreng. Beberapa jenis sauce juga bisa dicoba, mulai dari original sampai caramel dan keju. Selain itu, ada pula beberapa menu vegetarian yang terdiri atas sayur-sayuran.
Nah, demikian 4 alternatif tempat wisata kuliner di Jakarta, khususnya bagi pecinta menu seafood. 

Jika suatu saat berlibur di Jakarta, jangan lupa untuk mampir di restoran-restoran ini, ya. Untuk transportasi, tidak perlu khawatir dengan bujet yang harus dikeluarkan. Kunjungi saja website Airy untuk mendapatkan informasi tentang promo tiket pesawat ke Jakarta, semoga bermanfaat.


 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018