Pontianak (Antaranews Kalbar) - Anggota khafilah asal Kalimatan Barat, Khairunnisa berhasil mempersembahkan gelar juara I pada cabang Qiraat Sab'ah Murattal Remaja Putri MTQ Nasional yang dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, kita mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang telah dipersembahkan Khairunnisa. Dengan prestasi ini, Kalbar bisa kembali merasakan manisnya juara I setelah puluhan tahun tidak pernah dirasakan," kata Ketua Kafilah Kalbar, HM Tuwok di Medan, Kamis.

Ia menjelaskan, kepastian juara I diraih Khairunnisa setelah panitia merilis rekapitusi nilai yang dipublikasikan pada website musabaqah.id.

Dia mengaku, awalnya tidak percaya, sebab, pada saat tampil di final, salah satu dewan hakim mengumumkan, nilai babak final diumumkan pada malam penutupan.

"Kalau malam penutupan berarti, Jumat malam, (12/10). Tapi, di website sudah dipublikasikan nilainya, dan Khairunisa di posisi pertama dan biasanya, kalau sudah dipublikasikan, itu pasti benar," kata mantan Kepala Kemenag Kubu Raya ini.

Khairunnisa awalnya tidak diprediksi bisa meraih juara. Namun, dengan kemampuannya yang luar biasa, ia di luar dugaan sukses mempersembahkan juara buat Bumi Khatulistiwa.

Ia menyingkirkan qoriah kuat asal Provinsi Aceh, Sahula Ruzni, dan Banten, Siti Maspupatul Awaliah di final.

Tidak hanya Khairunnisa yang mempersembahkan juara, Budiansyah juga di cabang sama meraih Juara Harapan I.Kemudian, Lediawati asal Kabupaten Sambas juga mempersembahkan Juara Harapan II dari Cabang Cacat Netra (Canet) Putri.

Selain itu, Rohidah juga mempersembahkan Juara Harapan I (nomor 4) dari Cabang Tahfiz 30 Juz Putri. Nurul Alamiyah juga meraih juara. Ia meraih Juara Harapan III dari cabang Tahfiz 10 Juz.

"Secara keseluruhan, Kalbar membawa pulang lima juara. Ini sebuah prestasi besar semenjak keikutsertaan Kalbar di ajang MTQ," kata Ahmadi salah satu ofisial Kafilah Kalbar.

Sebelumnya Gubernur Kalbar, H Sutarmidji sempat memprediksi bahwa Kafilah Kalbar bisa membawa tiga gelar juara. Ternyata, prediksi Sutarmidji melebihi target, di mana Kalbar membawa pulang lima juara.

Direncanakan, Sabtu ini, seluruh kontingen bertolak dari Medan menuju Kalbar. Setelah itu, Kalbar bersiap menjadi tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional 2019.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018