Pontianak (Antara) - Chef muda Indonesia yang pernah menjadi duta World Chef Young Chefs for Asia, Budi Lee menyebutkan bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan kuliner namun perlu ditata dengan penampilan yang baik dan menarik lagi.

"Indonesia dengan ragam suku budaya dan kekayaan alam yang melimpah, sehingga memiliki kekayaan kuliner yang khas dan unik. Itu tidak dimiliki oleh negara lain. Hanya saja kekayaan yang ada perlu dikemas dan dikenalkan dengan maksimal ke dunia luar," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan penataan atau penampilan kuliner Indonesia tentunya tidak mengubah cita rasa, bumbu dan lainnya. Hanya saja diperlukan penyempurnaan sehingga bisa disesuaikan dengan pasar internasional.

"Contoh rendang yang telah diakui dunia makanan terenak. Namun untuk orang luar level pedasnya agak dikurangi. Kalau pedas mereka tidak suka. Dengan mengurangi pedasnya bukan berarti mengubah cita rasa yang sudah enak. Kemudian penyajiannya juga harus menarik," papar dia.

Lanjutnya, makanan enak dan diminati bukan hanya saja didorong oleh rasanya semata. Namun juga harus diperhatiakan dari penampilan.

"Makanan itu bukan hanya soal bicara mengenyangkan, bukan soal murahnya saja. Namun soal kebersihan, higenis dan penampilannya harus menjadi perhatian. Makanan daerah di Indonesia yang ditata dengan baik mungkin hanya tumpeng saja," jelas dia.

Terpenting lagi yang menjadi perhatian pihaknya yakni ketika kuliner Indonesia sudah dikenal dan diminati di luar negeri, hanya saja bahan baku dan bumbunya sulit ditemukan.

"Bahan baku dan rempah kuliner kita masih kurang suplainya di negara luar. Ke depan itu yang harus diperhatian. Jika kuliner kita sudah populer, otomatis bahan baku akan banyak didatangkan dari Indonesia. Dengan begitu ekspor dari Indonesia akan mengalir. Itu akhir harapan kita," kata dia.

Terkait kuliner Pontianak sendiri ia menilai tidak kalah menarik dengan kuliner Indonesia lainnya. Rasa dan karakter masing - masing daerah memiliki identitas sendiri dan patut bangga akan itu.

"Kuliner yang sangat enak di Kalbar adalah bubur peddas. Bubur peddas sangat spesial menurut saya. Masih banyak lagi kuliner Pontianak yang tidak kalah menariknya," kata dia.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018