Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ruang Muda Kreatif (Rumaksi) Kota Singkawang dalam waktu dekat akan memutar film "Nenek Bangun" yang merupakan karya sineas lokal Singkawang, Kalimantan Barat.

"Film Nenek Bangun ini diproduksi oleh orang-orang Singkawang," kata Ketua Ruang Muda Kreatif Kota Singkawang, Trino Junaidi, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Trino Junaidi mengatakan, pihaknya telah meluncurkan program "Nogo Plus Plus" dan memberikan penampilan teater berjudul "Dua Wajah".

"Program ini adalah memutar film keliling di beberapa daerah yang ada di Kota Singkawang," ujar Trino Junaidi.

Sementara untuk penampilan teater, kata Trino Junaidi, menceritakan tentang dua wajah perwakilan toleransi yang ada di Kota Singkawang terutama di Pasar Hongkong.

"Di situ bercampurnya beragam etnis yang ada di Kota Singkawang namun berbaur menjadi satu," ujar Trino Junaidi.

Diceritakan dia, pada tahun 80-an telah terjadi banjir besar, hal itu menyebabkan kemalangan.

"Ada yang luka-luka, walaupun mendapat musibah namun berbagai macam etnis tetap bergotong royong menyelesaikan masalah ini," ungkap dia.

Dengan sudah diluncurkannya program ini diharapkan bisa menjadi percikan supaya ke depan teman-teman bisa berkarya lebih banyak.

Secara terpisah, Kasi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Adnan mengatakan, subsektor film di Kota Singkawang cukup menggairahkan.

Hal itu terbukti dengan banyaknya film-film lokal yang sudah di produksi oleh orang-orang Singkawang ataupun film nasional yang mengambil lokasi pengambilan gambar atau syuting di Kota Singkawang.

Ditambah lagi banyaknya anak-anak sekolah (pelajar) yang gemar membuat film-film pendek. Hal itu tentunya merupakan sebuah apresiasi terhadap film.

"Mudah-mudahan melalui karya film yang dihasilkan, Kota Singkawang bisa dikenal sebagai kota film," katanya.

Baca juga: Film "Marlina Si Pembunuh" raih Asian World Film Festival 2018
Baca juga: Telkomsel gelar nonton bareng film Aruna dan Lidahnya




 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018