Pontianak (Antaranews Kalbar) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar meresmikan Kampus Layanan Teknik (Yantek) dalam rangka menekan angka kecelakaan yang terjadi terhadap petugasnya di saat bekerja menjaga instalasi listrik.

"Hadirnya Kampus Yantek ini bagaimana memberikan pendidikan kepada Tim Yantek lebih maksimal. Sehingga harapan kita tidak ada lagi kecelakaan kerja," ujar General Manajer UIW PLN Kalbar, Ricahard Safkaur di Pontianak, Kamis.

Ia menambahkan, terlebih lagi saat ini kecelakaan kerja di Kalbar khususnya dalam penanaganan kelistrikan bagi petugas yang menjadi mitra PLN masih kerap terjadi.

Untuk itu, kampus ini mendorong untuk menyiapkan serta menambah pengetahuan, di samping ini juga mengingatkan kepada petugas hal-hal yang perlu dilakukan selama bekerja, katanya

Menurutnya, Kampus Yantek tidak hanya pelatihan secara teori saja yang disampaikan, namun juga dilakukan simulasi di luar yaitu bagaimana menggunakan alat-alat yang seharusnya digunakan dalam bekerja.

"Kembali, kita berupaya membangun nol kecelakaan bagi pekerja kami, di samping ini juga menyangkut soal nyawa dan hal ini juga ada regulasinya dan sekaligus membangun citra PLN, papar dia.

Senior Manajer Distribusi, M. Darwing menjelaskan bahwa Yantek merupakan program pelayanan PLN kepada pelanggan khususnya di bidang ke teknisan seperti penanganan gangguan yang menyebabakan padamnya listrik, dan pemeliharaan jaringan listrik untuk meningkatkan kehandalan.

Baca juga: PLN dukung pertumbuhan ekonomi Kalbar

"Dalam evaluasi pelaksanaan Yantek ini pelaksanaannya dijalankan oleh mitra PLN. Dalam hal itu PLN memandang perlu diadakan suatu wadah yang dapat membentuk, menambah wawasan serta keterampilan petugas Yantek dalam menjalankan tugas sebagai pelayan untuk melayani pelanggan PLN seperti Kampus Yantek yang beru diresmikan " kata dia.

Terlebih kata Darwing, potensi terjadinya kecelakaan petugas di bagian lapangan tersebut tinggi. Meskipun petugas lapangan ini adalah mitra PLN namun, menurutnya perlu memberikan sosialisasi pelatihan terhadap pertugas tersebut.

Meski sudah ada pelatihan sebelum kontrak dengan PLN, namun dalam rangka meminimalisir kecelakaan kita memberikan pelatihan bagi petugas-petugas ini, yang memang diprakarsai dari pusat pula, katanya.

"Adanya kampus ini kita berharap tenaga kita menambah pengetahuan terkait keselamatan mereka, terlebih dalam pelatihannya pun di sampaikan oleh ahli di bidangnya yang didatangkan dari pusat, papar dia.

Baca juga: PLN Kalbar tingkatkan keandalan listrik menjelang Natal

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018