Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalbar Ridwansyah pada momentum peringatan Hari Amal Bakti ke -73 menyatakan pihaknya siap untuk ikut andil dalam menjaga kerukunan umat di daerah itu.

"Melalui Hari Amal Bakti ke -73 tersebut merupakan momentum kita untuk memperkuat kerukunan umat yang ada di Kalbar. Kita optimis melalui penguatan trilogi kerukunan umat yakni, internal umat beragama, antaragama dan agama dengan pemerintah maka kerukunan dan kedamaian terus hadir. Sehingga kita dapat menjalankan aktivitas kita sehari - hari dengan lancar," ujarnya saat upacara Hari Amal Bakti ke- 73 di Pontianak, Kamis.

Terkait pelayanan, pihaknya juga terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana tugas?yang diamanahkan. Transparansi pelayanan terus juga digalakkan.

"Pelayanan kita juga sudah terbuka kepada masyarakat luas baik soal kepegawaian, haji, nikah dan lainnya. Keterbukaan informasi publik kita jalankan demi memaksimalkan layanan yang terbaik bagi umat dan masyarakat di Kalbar," jelas dia.

Dalam upacara Hari Amal Bakti ke -73? tersebut juga dilakukan penyerahan penganugrahan Bintang Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah ASN di lingkungan Kemenag Provinsi Kalbar.? Pada momen tersebut turut hadir dan bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur Kalbar Sutarmijdi.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengingatkan semua pihak pentingnya memberikan jaminan hak beragama sesuai dengan pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

"Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama," kata dia.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", ia mengajak seluruh jajaran Kemenag Kalbar, apalagi di tahun politik sekarang ini untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan? dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

"Ajakan yang sama juga saya sampaikan kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa," papar dia.

Terpenting lagi kata dia, ASN di lingkungan Kemenag Kalbar juga harus terus menjaga integritas sehingga kepercayaan dan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

"Sejalan dengan pemerintahan saya ini, saya ingin tata kelolah pemerintahan dengan baik, cepat dan mudah. Sehingga jangan sampai yang cepat diperlambat, yang mudah dipersulit atau lainnya. Pemerintah harus benar - benar memaksimalkan layanan dan menjaga integritas," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019