Pontianak (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kota Singkawang saat ini sedang melakukan perakitan kotak suara untuk kebutuhan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Perakitan kotak suara itu dilakukannya di sebuah Gudang yang beralamat di Jl Yohana Godang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

"Proses perakitan kotak suara ini sudah dilakukan sejak awal bulan Februari kemarin. Ditargetkan dalam dua minggu kedepan akan selesai," kata Wakil Divisi Logistik KPU Kota Singkawang, Khairul Abror.

Beberapa bahan logistik Pemilu yang sudah tiba di KPU Singkawang, antara lain tanda pengenal saksi, tanda pengenal KPPS, plastik pembungkus kotak maupun surat suara, karet, spidol, bolpoin, cable ties, paku, plastik pembungkus Susu dan stiker kotak suara.

"Secara keseluruhan, ada sebanyak 673 TPS yang tersebar di 4 Daerah Pemilihan (Dapil) dan 5 kecamatan. Jika masing-masing TPS ada sebanyak 5 kotak suara, maka yang harus kita siapkan untuk memenuhi kebutuhan semua TPS adalah sebanyak 3.365 kotak suara," ujarnya.

Dia meyakini, jika pendistribusian kotak suara mulai dari KPU ke Kecamatan, Kecamatan ke Kelurahan hingga ke tingkat TPS, akan berjalan dengan aman dan lancar.

Terlebih pada pendistribusian logistik ini, tentu akan mendapatkan pengawalan dari TNI dan Polri.

Jika sesuai rencana jadwal pendistribusian logistik yang sudah di tentukan, katanya, maka dari KPU ke PPK pada tanggal 11-13 April. Dari PPK ke PPS tanggal 14-15 April. Sedangkan tanggal 16 April semua logistik sudah sampai di tingkat TPS.

"Kami akan pastikan logistik pemilu, Rabu 17 April 2019 sudah siap. Baik itu jenis, jumlah dan waktunya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019