Pontianak (Antaranews Kalbar) -Bertempat di Mako Lantamal XII Wajok, Asisten Potensi Maritim Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) antara TNI dengan Masyarakat Wajok Hilir dan Jungkat, Rabu, tentang bahaya hoaks.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Staf Dinas Potensi Maritim Lantamal XII Pontianak dengan tema “Melalui Komsos TNI Kita Pelihara Kemanunggalan dengan Rakyat Guna Meningkatkan Bela Negara”. bertujuan untuk mensosialisaikan tentang bahaya berita  hoaks, mewaspadai perkembangan bahaya laten komunis di Indonesia dan Revolusi Industri 4.0 yang lagi trend di zaman milenial ini.

Dalam amanatnya Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung (Han) yang dibacakan oleh Asisten Potensi Maritim Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi menyampaikan bahwa perkembangan global, regional dan nasional serta persepsi ancaman yang paling mungkin terjadi, TNI harus melaksanakan penangkalan, pencegahan, serta penindakan terhadap segala bentuk ancaman dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa, kehormatan bangsa, kedaultan bangsa dan keutuhan wilayah dengan melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah darat, laut dan udara yuridiksi nasional berdasarkan hukum nasional.

Kegiatan Komunikasi sosial Lantamal XII Pontianak dengan masyarakat desa Wajok Hilir dan Desa Jungkat dilaksanakan guna memelihara dan meningkatkan hubungan yang sinergi serta untuk memberikan pemahaman akan arti pentingnya pertahanan negara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat demi tercapainya ketahanan nasional di wilayah kerja Lantamal XII Pontianak dan membangun karakter bangsa guna  memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadir pada acara tersebut 150 orang peserta komsos yang terdiri dari Kapolsek Siantan, Perwakilan Koramil, Babinsa Wajok Hilir, Perwakilan FKPPI Kecamatan Siantan, Kepala desa Jungkat, Kepala desa Wajok Hilir, Pramuka Saka Bahari SMA Taruna Bumi Katulistiwa, Perwakilan SD Negeri 5 Siantan, Perwakilan SMP Negeri 1 Siantan, Perwakilan SMP Negeri 4 Siantan, Perwakilan dari Ponpes Darul Anwar, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat desa Wajok Hilir dan Desa Jungkat.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, persembahan lagu Hadrah oleh Ponpes Darul Anwar, amanat Danlantamal XII Pontianak yang dibacakan oleh Aspotmar, paparan tentang bahaya Hoax oleh Mayor Laut (KH) Kuncoro Arry Prasetyo, paparan tentang bahaya laten komunis oleh Letkol Laut (S) Anwar Eddy Sanjaya Amd, paparan tentang Revolusi Industri 4.0 oleh Lettu Laut (K) dr Gandhi SN, dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan sesi foto bersama.

Setelah rangkaian acara selesai dilaksanakan penyerahan tali asih dari Komandan Lantamal XII Pontianak yang diwakilkan oleh Kadispotmar Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (S) Anwar Eddy Sanjaya Amd kepada masyarakat desa Wajok Hilir dan masyarakat desa Jungkat.

Turut hadir dari Lantamal XII Pontianak Aspotmar Danlantamal XII Pontianak, Kadispotmar, Kadispen, Paban Dalpers dan Para Paban Spotmar Lantamal XII Pontianak.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019