Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Povinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji mengajak Ketua TP PKK dan Dekranasda Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan dan Ketua TP PKK serta Dekranasda Sanggau Arita Apolina untuk menciptakan tren  penggunaan kerajinan daerah sebagai gaya hidup masyarakat daerah.

"Untuk memajukan prodok kerajinan lokal, perlu inovasi dan kereativitas dengan menjadikan Produk Kejainan tersebut sebagai tren gaya hidup, sehingga membuat masyarakat terutama generasi muda lebih menyenanginya," kata Lismaryani Sutarmidji ketika melantik Ketua PKK dan Dekranasda Kabupaten Sanggau dan Kebupaten Kubu Raya, di Pontianak, Minggu.

Menurutnya, Dekranasda harus bisa memajukan dan mengembangkan usaha industri kerajinan rakyat dengan tetap memperhatikan dan melestarikan kearifan nilai nilai budaya lokal.

"Dekaranasda harus mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengumpulkan, mengolah data agar menghasilkan pelayanan yang berkualitas, mudah dan cepat serta tanggap terhadap kebutuhan para pengrajin," tuturnya.



Lismaryani menambahkan, sebagai Ketua PKK dan Dekranasda di kabupaten, dia minta, Rosalina dan Arita bisa selalu memberikan contoh dan teladan penggunaan produk produk kerajinan lokal kepada anak, keluarga, saudara dan tetangga ?serta di lingkungan sosial.

"Organisasi PKK sebagai mitra Pemerintah, harus dapat bekerja sama dalam, koordinasikan dengan semua stakholder untuk membuat dan melaksanakn program program kerja PKK," tuturnya.

Setidaknya, lanjut dia, ada 10 Program PKK ?dapat diterapkan pada setiap keluarga, maka akan tercipta ketahanan keluarga sehingga dapat menjamin situasi dan kondisi keluarga yang sehat, aman, tentram dan damai.

"Apabila tercipta ketahanan keluarga yang kondusif akan berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK dan Dekranasda Kubu Raya, Rosalina mengatakan, sebagai istri dari Bupati Kubu Raya, dirinya siap untuk mendampingi suaminya memimpin kabupaten Kubu Raya untuk kali kedua.

"Sebagai Ketua PKK dan Dekranasda Kubu Raya, ada amanah yang diberikan dan tentu juga akan ada tanggung jawab yang harus dipenuhi nantinya. Tentunya saya berucap syukur diberi amanah dan semoga menjadi ladang amal bagi kami sekeluarga dan terkait amanah tentu ada tanggung jawab didalamnya yang harus dipenuhi," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019