Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat (Kalbar), Natalia Karyawati menyatakan potensi wisata di Kota Singkawang akan dimaksimalkan dan pihaknya akan mendukung pengembangan wisata unggulan di daerah itu.

"Tidak hanya Singkawang, kami akan memaksimalkan potensi wisata yang ada di sejumlah daerah lainnya. Namun, hanya yang sudah sangat terlihat saat ini adalah Kota Singkawang, maka kami akan terus memaksimalkan potensi wisata yang ada di sini," kata Natalia, di Pontianank, Kalbar, Jumat.

Hal itu juga disampaikannya saat mewakili Gubernur Kalbar, Sutarmidji dalam penutupan kegiatan Cap Go Meh di Singkawang belum lama ini.

Baca juga: Menpar siap angkat pariwisata Singkawang jadi kelas dunia

"Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang merupakan salah satu unggulan pariwisata di Kalimantan Barat. Karena ajang ini termasuk dalam seratus kalender pariwisata nasional, sehingga harus dipromosikan secara luas," tuturnya.

Selain sebagai destinasi wisata Nasional, ajang Cap Go Meh juga diharapkan bisa menjadi destinasi wisata dunia. Untuk itu, kata dia, kegiatan tersebut harus memberikan suatu atraksi dan nilai budaya atau suatu unggulan budaya yang memang berbeda dengan kabupaten-kabupaten lainnya.

Natalia juga berharap kabupaten lain yang ada di Kalbar bisa mencontoh Kota Singkawang melalui atraksi apapun yang kiranya sudah menjadi unggulan masing-masing daerah.

Baca juga: Pemkot Singkawang targetkan 807.853 wisatawan tahun ini

"Kalau Singkawang, kami promosikan sedikit saja sudah bisa menarik wisatawan. Jadi kami juga mengharapkan kabupaten-kabupaten lain bisa berbenah sehingga kunjungan wisatawan bukan hanya ke Singkawang, tetapi juga ke kabupaten-kabupaten lain," ujarnya.

Terlebih, kata dia, Pemerintah Provinsi Kalbar akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur yang ada di Kalbar, sehingga akses ke daerah-daerah bisa ditempuh dengan cepat dan mudah.

"Karena potensi wisata kita baik alam maupun budaya sangat luar biasa," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019