Warga Desa Limbur Bernaung Lestari menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dihadiri langsung Bupati Sintang, Jarot Winarno, Senin (25/2).

"Deklarasi ini sangatlah penting agar ada komitmen dari warga desa untuk tidak buang air sembarangan. Karena jika itu dilakukan terus menerus maka bisa menjadi salah satu penyebab penyebaran lingkungan dan menyebarnya penyakit di lingkungan masyarakat," kata Bupati Sintang Jarot Winarno.

Dia menginginkan tidak ada lagi warga Desa Limbur Bernaung Lestari yang buang air kecil dan buang air besar sembarangan.

Baca juga: Nasir segera keluarkan Perbup stop BAB sembarangan di desa

"Karena kita sekarang sudah punya wc masing-masing di rumah, kalau dulu kita kencing di kebun atau di mana. Sekarang kita sudah deklarasi, jadi tidak ada lagi yang buang air sembarangan," katanya.

Ia menjelaskan pentingnya perilaku hidup bersih atau pola hidup sehat terutama tidak buang air sembarangan, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan.

Karena setiap kali buang air kecil maupun besar itu ada jutaan kuman yang terdapat pada kotoran manusia dan jutaan kuman itu bisa menyebar melalui udara, bisa menyebar melalui lalat yang menggrogoti kotoran tersebut.

Baca juga: Arisan Jamban di Lebak Untuk Hidup Sehat

"Kemudian lalat menempel pada makanan yang di makan, sehingga masuk ke dalam badan bisa menimbulkan penyakit.
 Itulah penyebab penyakit yang dinamakan fecal oral yaitu penyakit yang ditularkan melalui kotoran yang diberakkan. Kemudian ditularkan melalui makanan karena lalat. Biasanya penyakit muntaber, disentri, tipes, juga hepatisis E itu dari kencing," katanya.

Untuk itu Jarot berharap dengan telah di deklarasikannya Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air sembarangan, dan semua warga punya wc di rumah masing-masing sehingga tidak ada lagi yang buang air sembarangan. Agar semua warga baik itu anak-anak, orang tua dan lainnya terlindung dari penyakit infeksi tersebut.

Kepala Desa Limbur Bernaung Lestari, Marjoni mengucapkan terima kasih atas atas kepedulian Pemkab Sintang melalui Dinas Kesehatan terhadap Desa Limbur Bernaung Lestari yang hadir langsung dalam kegiatan deklarasi Open Defecation Free atau tidak buang air sembarangan, mengingat hal ini sangatlah penting bagi warga di pelosok seperti ini. Agar ke depan tidak ada lagi warga yang buang air sembarangan karena sekarang warga sudah punya WC.

Pewarta: Tantra dan Humas

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019