Pemerintah Kabupaten Kubu Raya merencanakan kegiatan car free day Kubu Raya yang akan dilaksanakan setiap hari minggu dengan menggunakan lokasi di sekitar Tugu Dirgantara di Sungai Raya.

"Rencana ini sudah kami sampaikan dalam rapat terbatas dengan pihak Lanud Supadio, Pemerintah Kubu Raya dan Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak di Kubu Raya," kata Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Sungai Raya, Rabu.

Sujiwo mengatakan, rencana tersebut akan mulai diresmikan pada tanggal 7 April 2019 yang akan datang.

Menurut dia, dengan adanya lokasi kegiatan car free day di Kubu Raya, akan membuka ruang kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas olah raga di hari libur dengan tidak harus ke Kota Pontianak.

"Kita ini punya potensi, mari kita sama-sama kembangkan dan membuka ruang kepada masyarakat. Banyak masyarakat yang ingin mengisi hari liburnya dengan berolahraga seraya bersantai dengan keluarga, hanya saja selama ini tempat dan fasilitasnya belum ada," tuturnya.

Sujiwo mengatakan, terkait rencana tersebut, perlu disosialisasikan dengan masyarakat, sehingga setelah peluncuran pada tanggal 7 April nanti akan berjalan seperti biasa setiap hari minggu.

Disamping membuka ruang bagi masyarakat Kubu Raya dengan menyiapkan sarana tempat untuk mengisi hari libur dengan olah raga dan bersantai bersama keluarga. Juga membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan roda perekonomian khususnya bagi para pedagang kuliner dan minuman-minuman.

"Ini juga akan berdampak positif bagi kegiatan usaha masyarakat, khususnya menggerakkan roda ekonomi masyarakat di sekitar, sekaligus juga masyarakat pedagang makanan dan minuman," katanya.

Misalnya komunitas sepeda, setiap minggu ratusan mereka bersepeda ke daerah Kubu Raya, sampai ke tugu Dirgantara. Namun, karena tidak ada tempat di sana, akhirnya mereka memutar kembali ke Kota Pontianak. "Kalau kita siapkan di sana, tempat istirahat dan kuliner, pasti mereka akan singgah."

Sujiwo mengharapkan dukungan dari masyarakat, Pemerintah terutama dukungan dari TNI Angkatan Udara Lanud Supadio dan Angkasa Pura II. Sebab rencana lokasi car free day Kubu Raya berda di wilayah Lanud Supadio dan Angkasa Pura II.

"Sehingga nantinya, benar-benar menjadi ruang publik yang aman dan nyaman bagi semua masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019