Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, melantik 337 prajurit tamtama baru setelah menutup resmi Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran 2018 di Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tanjungpura, Senin.

"Saya mengucapkan selamat kepada para prajurit Siswa Secata yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pertama tahap 1 sekaligus dilantik dan disumpah menjadi prajurit TNI AD," kata Herman.

Selanjutnya para Tamtama akan menempuh pendidikan lanjutan tahap II di kecabangan masing-masing, khusus bagi prajurit kecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan di Rindam XII/Tpr, sedangkan untuk kecabangan non Infanteri akan melanjutkan pendidikan di pusat pendidikan sesuai kecabangan masing-masing.

"Untuk itu, siapkan mental dan fisik serta ilmu yang telah kalian peroleh pada tahap 1 menjadi bekal mengikuti pendidikan tahap II dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan," pintanya.

Herman juga menekankan kepada para Tamtama yang baru dilantik untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, agar menjadi prajurit TNI AD yang dapat dibanggakan oleh keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara.

"Kepada prajurit TNI AD diingatkan untuk senantiasa mematuhi norma hukum dan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam bersikap dan bertindak," ujarnya.

Ingatlah, pesan Pangdam, TNI AD tidak akan pernah mentolerir hukuman bagi prajurit yang melanggar disiplin.

"Jangan sia-siakan perjuanganmu selama ini. Tunjukkan jati diri TNI, sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr juga memberikan apresiasi dengan memberikan medali kepada lulusan terbaik Dikmata tahun 2018 atas nama Prada Rizky yang berasal dari Landak.

Sementara lulusan terbaik ke-2 atas nama Prada Andika Bagas Saputra dari Batang dan terbaik ke-3 atas nama Prada Desir Bayu berasal dari Sambas.
Setelah upacara penutupan pendidikan dilanjutkan dengan beberapa demontrasi oleh para prajurit yang baru dilantik.

Demontrasi yang ditampilkan diantaranya senam senjata, senam barbel, senam balok, melaksanakan simulasi halang rintang (HR), bela diri Yong Moodo, lempar pisau, lempar Kapak, Sumpit dan Tarian kolaborasi Dayak-Papua.

Demonstrasi ini mendapat sambutan yang hangat dari para tamu undangan dan para orang tua prajurit yang hadir.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019