Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang menggelar pawai ta'aruf dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H tahun 2019.

"Pemkot Singkawang menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PHBI yang secara rutin setiap tahunnya mengagendakan pawai ta'ruf ini. Dan insya Allah pada malam takbiran juga PHBI akan menggelar kegiatan yang sama begitu pula dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam," kata Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro yang berkesempatan melepas pawai ta'ruf tersebut di Singkawang, Minggu sore.

Melalui kegiatan ini, tentunya PHBI Singkawang telah memberikan suatu ruang kepada umat Islam dalam mengekspresikan rasa gembira dan suka cita mereka dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari ini.

"Saya berharap kepada umat Islam bisa menjadi suatu role model keteladanan dalam kehidupan keagamaan di Indonesia serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan mengutamakan nilai-nilai toleransi, persaudaraan dan keislaman yang Rahmatan Lil Alamin," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua PHBI Kota Singkawang, Ruslan Karim mengatakan, kegiatan ini tiada lain selain menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam sekaligus mengajak para kaum muslimin dan muslimat untuk bersama-sama bahagia dan bersuka cita dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan," katanya.
 
Sebagaimana yang disabdakan Rasullullah SAW, barang siapa yang senang dan bergembira dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, maka akan diharamkanlah kulitnya dari siksa api neraka.

Pawai taaruf ini, katanya, melibatkan lembaga pendidikan, pengurus masjid dan Ormas Islam se-Kota Singkawang.

"Semua kita ajak dan kita imbau untuk bersama-sama menyemarakkan bulan suci Ramadhan," ujarnya.

Sementara rute yang dilalui, mulai dari Masjid Raya Singkawang (star), berjalan menuju ke Jl Niaga, Jl Budi Utomo, Jl Setia Budi, Jl Sejahtera, Jl Diponegoro dan kembali ke Masjid Raya Singkawang.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019