Sanggar Lesung Menuah, yang berada di Desa Maboh Permai, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau  mendapat kunjungan dari Kementerian Budaya dan Pariwisata Republik Indonesia  untuk verifikasi Tari Lesong Mualang atau di sebutu juga Ngajat Lesong Mualang.

“Verifikasi tersebut merupakan upaya pengangkatan tari lesong sebagai Aset Budaya Tak Benda di Kabupaten Sekadau. Sebagai tarian yang hampir punah, dan tentunya tarian tersebut juga supaya ada pengakuan dunia,” Ungkap Pentolan sanggar Lesung Menuah, Robby Sugara (21/5).

Kita sempat berbincang bersama tim ahli dari kementerian, yakni pak yopi, dan beliau mengatakan supaya tarian ini benar-benar digali dan harus ad penerus, supaya tidak hilang begitu saja. Selain itu juga beliau mengatakan kepada kami agar suatu saat nanti, kalau bisa dibuat sebuah buku, agar smua orang bisa membacanya. Dan juga jangan  hanya tarian saja yang harus digali tetapi kuliner-kuliner asal daerah juga bisa kita angkat sebagai aset budaya

“Dalam kesempatan itu juga, pihak kementerian dan tim ahlinya jaga melihat langsung proses tarian Ngajat Lesong Mualang ini, dan sempat beliau mencoba untuk mengangkat lesung yang digunakan dalam menari. Mengenai lebih kurang yang disajikan sanggar Lesung Menuah, tentu ribuan maaf terucap dan selanjutnya proses verifikasi dan segala nilai tentu kami di sanggar mempercayakan sepenuhnya kepada pihak kementrian. Kami hanya bisa berdoa semoga hasil verifikasinya memuaskan,” tutupnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019