Sedaa berarti "suara" dalam bahasa Persia, sekaligus menghubungkan musik tradisional Mongolia dengan Timur yang menghasilkan suara yang luar biasa dan menarik. Grup ini terdiri dari penyanyi utama Naranbaatar Purevdorj, Nasanjargal Ganbold dan Ganzorig Davaakhuu bersama dengan Omid Bahadori, multi-instrumentalis Persia dan instrumentalis komposer yang tinggal di Jerman.

Sedaa menciptakan hubungan yang benar-benar eksotis yang melampaui batas dan budaya. Musik mereka seolah membuat pendengarnya pergi dalam perjalanan ke lanskap alam yang luas. Terlebih lagi suara-suara alami yang dihasilkan oleh instrumen tradisional dan teknik vokal kuno dari leluhur nomaden mereka di mana satu orang dapat menghasilkan beberapa nada pada saat yang sama.

Dasar dari komposisi modern mereka dibentuk oleh suara-suara alami yang dihasilkan dari instrumen tradisional dan penggunaan teknologi lagu zaman tua dari leluhur nomaden mereka. Nyanyian nada leluhur digunakan untuk mereproduksi suara alami dari sungai yang mengalir, angin, gema gunung, gemuruh guntur dan banyak kejadian alam lainnya yang terinspirasi oleh bentang alam Mongolia yang luar biasa.

Vokal nada yang bergetar dan nyanyian harmonis yang luar biasa (bernyanyi tenggorokan) dengan ditemani suara melankolis dari biola morin khuur dan suara mutiara dari 120 string dulcimer (dikenal sebagai yochin) melebur ke dalam ritme drum oriental yang berdenyut menjadi satu suara mistis. Instrumen lain dalam repertoar Sedaa termasuk ikh khuur (double bass), bischgur (obo Mongolia), dombra (instrumen dua senar yang disambungkan), gitar, cajón (instrumen perkusi berbentuk kotak dan rahmentrommel (frame drum).

Sedaa telah bermain bersama dan mengadakan tur di ratusan konser di seluruh Eropa, dan telah menghasilkan empat album. Yakni Mongolian Meets Oriental (2010), Letter From Mongolia (2011), New Ways (2012), dan West West (2018). Dalam karya-karya mereka selanjutnya ada pergeseran di mana mereka dengan terampil memperluas suara tradisional dengan irama yang bisa menari.

Keutamaan musisi ini telah memungkinkan mereka untuk berkembang menjadi kuartet yang berpengalaman dan percaya diri, mengasah keahlian mereka dalam berbagai tradisi instrumental dan vokal. Ini adalah musik crossover yang sempurna dicampur dengan cara alami.

Rainforest in the city (RITC) berlangsung mulai 2 - 11 Juli di Kuching Amphitheatre mulai pukul 20.00 hingga 23:00 waktu setempat setiap hari, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Sarawak, bekerja sama dengan Badan Pariwisata Sarawak. Gratis dan terbuka untuk umum.

Rainforest World Music Festival berlangsung dari 12-14 Juli di Desa Budaya Sarawak dan dikelola oleh Badan Pariwisata Sarawak, didukung oleh Tourism Malaysia dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemuda & Olahraga Sarawak.
 
Untuk informasi lebih lanjut tentang tiket, kegiatan festival, dan logistik, silakan masuk ke https://rwmf.net/

 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019