Rainforest World Music Festival (RWMF) 2019 akan menampilkan lima band asal Sarawak yang akan bermain bersama beberapa band musik dunia paling produktif dari seluruh penjuru dunia.

Ada At Adau yang sangat populer dalam membawakan melodi dan ritme kuno dari berbagai suku di Kalimantan ke abad ke-21 dengan menggabungkannya dengan unsur-unsur kontemporer. Tujuh anggota grup At Adau akan menggabungkan lagu-lagu dari alat musik sape dan perkusi tradisional dari Dayak Bidayuh dan Iban yang dengan komposisi sendiri, bakal menghadirkan medley lagu-lagu pop rakyat yang telah menjadikan mereka terkenal di kancah musik lokal dalam beberapa tahun terakhir.

Kemudian, ada Kemada dari Sibu di Sarawak Utara, yang mendedikasikan untuk melestarikan musik tradisional Iban, permainan, budaya dan gendang pampat, drum tradisional yang biasanya dimainkan selama ritual dan perayaan penting seperti Dayak Gawai. Di masa lalu, izin untuk menggunakan gendang pampat terbatas dan sakral. Seringkali mereka dilarang. Hal ini yang membuat mereka lebih berharga untuk dilestarikan namun pada saat yang sama, mempertaruhkan kepunahan karena mereka tidak diperbolehkan untuk sering digunakan.

Baca juga: Sarawak perluas pasar perdagangan - pariwisata melalui Singapura
Lalu, ada Suku Menoa terdiri dari lima musisi berdedikasi yang melestarikan budaya dan identitas suku Iban. Mereka akan membawa ke panggung dunia, ritual mereka, musik dan nyanyian untuk memberikan sekilas ke semua pengunjung, bagaimana mengintegrasikan semua ini dalam kehidupan sehari-hari mereka, bahkan hingga sekarang.

Dari komunitas Bidayuh di Kampung Atas Singai di Bau, hadir Staak Bisomu yang akan memberikan tampilan menarik pada ritual lama dan tersembunyi yang masih dipraktikkan oleh suku tersebut.

Pemenang Festival Musik Waterfront 2017, Suk Binie 'adalah 7 musisi dari Bau. Mereka memainkan komposisi melodi tradisional dari komunitas etnis Bidayuh, Iban dan Orang Ulu.

Meskipun Sarawak telah dengan rajin mempromosikan dan melestarikan warisan budayanya, namun harus diakui banyak praktik tradisional telah ditinggalkan.

Musik mungkin adalah salah satu contoh terbaik dari ini tetapi dengan popularitas 'Musik Dunia' di RWMF di Sarawak dan banyak bagian lain dunia, telah terjadi kebangkitan dalam promosi warisan budaya. Festival seperti RWMF melakukan peran penting dalam pertukaran budaya dan mendorong kreativitas yang memperkaya kancah seni internasional dan sebagian besar dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata.

Saat ini, lebih banyak upaya dihabiskan untuk melindungi langkah-langkah dalam seni pertunjukan tradisional seperti transmisi pengetahuan dan teknik memainkan alat musik tradisional dan penelitian, rekaman dan dokumentasi yang sedang dilakukan.

Dalam beberapa tahun terakhir RWMF juga telah memainkan peran penting dalam memastikan keberlangsungan bentuk-bentuk seni pertunjukan tradisional dengan mengembangkan khalayak dan meningkatkan kesadaran di antara masyarakat umum serta khalayak internasional.

Rainforest in the city (RITC) akan berlangsung dari 2 - 11 Juli di Kuching Amphitheatre mulai pukul 20.00 hingga 23.00 waktu setempat setiap hari, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Sarawak, bekerja sama dengan Badan Pariwisata Sarawak. Tiket masuk gratis dan terbuka untuk umum.

Festival Musik Dunia Rainforest berlangsung pada 12-14 Juli di Desa Budaya Sarawak dan diorganisir oleh Badan Pariwisata Sarawak, didukung oleh Tourism Malaysia dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemuda & Olahraga Sarawak.
 
Untuk informasi lebih lanjut tentang tiket, kegiatan festival, dan logistik, silakan masuk ke https://rwmf.net/

Baca juga: Menanti Janji Estonia di RWMF 2019

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019