Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengharapkan Rakernas XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2019 yang berlangsung di Semarang akan menghasilkan sejumlah rekomendasi strategis untuk kemajuan daerah.

"Kita berharap dalam Rakernas Apeksi ini bisa menghasilkan sejumlah rekomendasi strategis terkait kebijakan kerja sama antar daerah untuk optimalisasi potensi daerah," kata Edi Rusdi Kamtono saat dihubungi di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan, Rakernas Apeksi merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh Wali Kota se-Indonesia. Dalam rakernas, akan membahas berbagai persoalan yang dihadapi oleh seluruh Pemkot yang tergabung dalam Apeksi tersebut.

Apeksi yang beranggotakan 98 Pemerintah Kota (Pemkot) seluruh Indonesia menggelar Rakernas XIV tersebut mulai tanggal 2-5 Juli 2019 di Kota Semarang.

Selain itu, dia juga berharap Rakernas Apeksi XIV ini juga menghasilkan kesepakatan bersama dalam menyusun rencana kerja Apeksi tahun 2020. "Serta usulan kota tempat penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas), VI Apeksi Tahun 2020," ungkap Edi.

Sementara itu, Tuan rumah Rakernas XIV Apeksi, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan, atas nama Pemkot Semarang, dirinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para kepala daerah dari seluruh kota se-Indonesia. 

Menurutnya, rangkaian Rakernas XIV Apeksi merupakan event luar biasa karena Kota Semarang dikunjungi oleh seluruh Pemkot se-Indonesia. Seluruh kepala daerah berkumpul dan saling bersilaturahmi. "Saya kira persoalan yang dihadapi seluruh kepala daerah hampir sama, hanya tinggal bagaimana mengkomunikasikan secara intens untuk menyelesaikannya," katanya.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Tingkat Pusat, Airin Rachmi Diany mengharapkan rangkaian Rakernas Apeksi yang dimulai pada Selasa malam (2/7) sampai dengan selesai nanti berjalan lancar. Mulai dari Rakernas, Indonesia City Expo, Pawai Budaya dan rangkaian kegiatan lainnya. 

"Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Semarang beserta jajarannya yang sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk penyambutan kami tamu-tamu dari pemerintah kota seluruh Indonesia," katanya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019