Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan Kota Pontianak akan menambah satu lagi rumah sakit yang rencananya dibangun di Siantan Hilir Pontianak Utara, dengan tipe rumah sakit adalah tipe D.

Pembangunan rumah sakit itu lokasinya di atas lahan Puskesmas Siantan Hilir, sementara puskesmas yang ada nantinya direlokasi ke lokasi sekitarnya. "Tenaga medisnya sudah cukup, hanya perlu ditambah beberapa tenaga spesialis, dokter umum dan perawat," katanya disela kunjungan Menkes di Pontianak, Sabtu.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyatakan RSUD Soedarso dalam waktu tidak lama lagi akan naik menjadi tipe A, demikian pula RSUD Kota Pontianak bisa menjadi tipe B.

"Saya berharap di Kabupaten Kubu Raya juga dibangun rumah sakit tipe C. Kota Pontianak juga akan menambah rumah sakit tipe D di Siantan Hilir Pontianak Utara," katanya.

Pihaknya akan melakukan sinergi dari rumah sakit yang ada sehingga pelayanan kesehatan semakin baik.

Ia juga berharap rumah sakit yang ada ini terus melakukan perbaikan-perbaikan, baik dalam hal fasilitas maupun pelayanannya, agar masyarakat memperoleh jaminan kesehatan dasar dengan baik.

Terkait kebutuhan alat CT scan di RSUD Kota Pontianak, Sutarmidji menyataikan rumah sakit itu sudah ada dokternya yang tidak lama lagi akan menyelesaikan pendidikan spesialis radiologi.

 "Untuk naik tipe, sebuah rumah sakit selain dari fisik bangunan juga kelengkapan fasilitas peralatannya dan tenaga medis," katanya.
Baca juga: Honorer puskesmas tewas tenggelam di Sungai Kayan

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019