Jajaran Pemkot Pontianak salurkan hewan kurban sebanyak 19 sapi dan tiga kambing, penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Edi Rusdi Kamtono sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 Hijriyah di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu.

"Alhamdulillah semangat kurban bagi jajaran ASN di lingkungan Pemkot Pontianak tetap tinggi dalam berbagi kepada masyarakat yang membutuhkannya," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak.

Terdata, ada sebanyak 33 ekor hewan kurban di lingkungan Pemkot Pontianak diantaranya sebanyak 19 ekor sapi dan tiga ekor kambing, kemudian dari Bank Kalbar enam ekor sapi, dan PDAM Tirta Khatulistiwa lima ekor sapi yang disalurkan ke sejumlah Masjid di Kota Pontianak.

Dalam momentum Hari Raya Idul Adha ini, Edi mengajak kepada seluruh umat Islam agar bisa meneladani kesabaran, keikhlasan dan pengorbanan serta ketakwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menunjukkan bahwasanya keislaman, keimanan  dan ketakwaan kita akan terus diuji oleh Allah SWT untuk melihat di mana, pada level apa dan kualitas apa kita berada," ujarnya.

Ditambahkannya, Hari Raya Idul Adha juga bermakna sebagai momentum berbagi dengan sesama. Membagikan daging kurban kepada warga yang tidak mampu sebagai bentuk kepekaan terhadap lingkungan sekitar. 

"Dengan memperhatikan orang lain yang ekonominya kurang sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama," tutur Edi. 

Menurutnya, berkurban juga untuk meningkatkan ketakwaan seseorang, sebagaimana berkurban menjadi salah satu perintah yang ada dalam Alquran. "Oleh sebab itu, ibadah kurban untuk mengajak umat Muslim agar menjalankan perintah Allah SWT guna meningkatkan keimanan kita," ujarnya.

Sementara itu, Khatib Shalat Idul Adha di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, Pabali Musa juga mengajak umat Muslim di Pontianak agar selalu meneladani semangat berkurban dari Nabi Ibrahim dan Ismail.

"Semoga dengan itu, maka semangat persatuan dan kesatuan, serta saling berbagi umat Muslim selalu lebih meningkat lagi," ujarnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019