Jajaran TNI di Kapuas Hulu Kalimantan Barat khusus di Kecamatan Jongkong melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat melalui kegiatan perlawanan rakyat (Wanra) sebagai komponen cadangan untuk ketahanan dan kedaulatan NKRI di wilayah tersebut.

" Salah satu yang kami latih untuk para Wanra yaitu lapor cepat dan temu cepat serta sejumlah pengetahuan lainnya dan wawasan kebangsaan," kata Danramil Jongkong, Peltu Sugianto kepada Antara di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.

Baca juga: 438 Prajurit TNI Latihan Pemantapan Raider

Disampaikan Sugianto, pembinaan dan latihan Wanra dalam rangka menciptakan ketahanan dan keamanan wilayah dari gangguan yang mengancam kedaulatan dan keamanan bangsa Indonesia.

Apalagi dalam pelatihan Wanra itu memberikan pengetahuan serta wawasan kebangsaan dan pembinaan kepada masyarakat tentang peran Wanra sebagai embrio dan komponen cadangan pertahanan dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.
 
Pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat melalui kegiatan perlawanan rakyat (Wanra) (ANTARA/Timotius)


" Banyak hal yang kami ajarkan bahkan latihan baris berbaris juga sampaikan dalam materi pelatihan agar tertanam kedisiplinan di setiap Wanra," jelas Sugianto.

Menurut dia, untuk menjaga kedaulatan NKRI bukan hanya semata - mata tugas TNI, namun tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa. " Wanra itu dari masyarakat, TNI juga dari rakyat, jadi TNI kuat bersama rakyat, negara ini akan kokoh juga bersama rakyat."

Baca juga: TNI Putussibau Latihan Tanggulangi Bencana Alam

Selain itu, para Wanra itu diharapkan juga dapat memiliki jiwa cinta Tanah Air, beretika sosial, serta disiplin yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari - hari dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Pembinaan itu memang salah satu tugas pokok kami sebagai TNI dalam menyelenggarakan pembinaan teritorial yang nantinya akan mendukung tugas TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI," kata Sugianto.

Baca juga: Prajurit 644/Walet Sakti Siap Latihan di Jawa Barat


 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019