Putussibau (Antara Kalbar) - Anggota TNI di jajaran Kodim 1206 Putussibau, Kapuas Hulu siap membantu pemerintah daerah setempat dalam menanggulangi bencana alam, bahkan prajurit TNI dilatih khusus untuk posko satu penanggulangan bencana.

"Kami latihan posko satu, untuk melatih prajurit serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan staf dalam membantu Pemerintah Daerah Kapuas Hulu khususnya menanggulangi bencana banjir," kata Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.

Letkol Muhammad Ibnu Subroto menjelaskan Danrem berpesan dalam amanatnya agar dalam prajurit TNI menguasai dan mahir melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan staf, serta mengendalikan setiap tahapan operasi penanggulangan bencana di daerah.

Bahkan diharapkan latihan tersebut mampu meningkatkan kemampuan para komandan dalam mengambil keputusan dengan cepat serta tepat dan mencatat hal - hal penting sebagai bahan penyempurnaan protap nantinya.

"Kapuas Hulu merupakan wilayah yang rawan bencana alam seperti banjir. Jadi perlu langkah - langkah tepat dalam penanggulangannya," jelas Ibnu.

Dirinya juga mengatakan membantu masyarakat dan pemerintah salah satu tugas TNI selain tugas pokok dalam menjaga keutuhan NKRI.

" TNI selalu siap bersama masyarakat, karena dengan masyarakat bangsa kita kuat namun kita juga harus ingat bencana alam juga merupakan ancaman bagi masyarakat yang perlu kita waspadai,"kata Ibnu.

(KR-TFT/A011)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017