Pagi yang cerah itu membangkitkan semangat kerja warga memulai runititas, namun hari ini ada yang berbeda dari biasanya bagi warga yang tinggal di RT 001 /RW 039, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak.

“Kegiatan bersih sampah merupakan kegiatan melanjutkan dari yang pernah kita lakukan, tiap tahun berbeda tema tapi tetap fokus pada perhatian lingkungan, menyelesaikan persoalan bekas sisa pakai atau kata lain dari sampah itu, kata Samhudi salah seorang warga Pontianak Utara, Minggu.

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang dikampanyekan soal sampah itu, diantaranyw edukasi terhadap pedagang-pedagang yang berjualan disekitar sekolah di RW 039 dengan diakhiri menampilkan stiker baik itu digerobak, maupun dimedia lainnya.  

“Kegiatan tilang sampah ini masih berkaitan dengan lingkungan selama enam bulan ini kita fokuskan di RW 039 di Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara. Karena, jika sampah menumpuk maka akan menimbulkan berbagai penyakit, maka dari itu kami mengimbau masyarakat untuk bisa memilih dan memilah sampah yang bisa digunakan digunakan lagi," katanya. 

Sementara itu, Lurah Siantan Hilir, Purwati berharap RT/RW dilingkungannya untuk mengubah masyarakat terkait perilaku membuang sampah agar lebih ramah terhadap sampah, serta mengedukasi anak-anak usia dini maupun pedagang-pedagang disekitarnya.  

“Semoga kedepan seluruh warga Siantan Hilir lebih peduli dan meningkatkan arti untuk tidak membuang sampah sembarangan, baik sampah basah maupun kering, sehingga nantinya bisa memperindah lingkungan rumah, dab bersinergi setulusnya dengan pihak terkait dalam mengelola sampah," katanya.

Pewarta: Tim magang/Yayuk

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019