Tim sumpit Kodim 1202  Singkawangberhasil menyabet juara umum pada lomba sumpit pada turnamen Piala Pangdam XII/Tanjungpura.

"Melalui lomba sumpit, TNI juga ikut melestarikan kearifan lokal. Dimana sumpit merupakan salah satu senjata tradisional yang sering digunakan oleh suku Dayak di Kalimantan. Oleh karenanya, Kodam XII/Tanjungpura memandang perlu untuk turut serta dalam melestarikanya," kata Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Alfred Denny D Teujeh di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan lomba sumpit yang digelar Kodam XII/Tpr, diikuti oleh peserta putra dan putri, perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Menurutnya, selain akan mendapatkan piala dari Pangdam XII/Tpr, pemenang lomba juga akan memperebutkan piala bergilir dari Pangdam XII/Tpr.

"Lomba Sumpit diagendakan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad menjadi perlombaan tahunan memperingati HUT TNI," kata Kasdam.

Adapun hasil lomba sumpit se-Kalbar dalam rangka HUT ke-74 TNI, tim sumpit dari Kodim 1202/Singkawang berhasil keluar sebagai juara umum dan berhak atas Piala Bergilir Pangdam XII/Tpr.

Sementara itu, Dandim 1202/Skw Letkol Arm Victor J L Lopulalan menyambut baik hasil yang diraih tim sumpitnya.

"Hasil ini tentu sangat membanggakan kami karena mampu meraih juara umum. Semoga ini menjadi cambuk untuk atlet-atlet sumpit kami agar di masa depan dapat lebih berprestasi lagi," katanya.

Ia mengatakan mengikuti lomba sumpit ini sebagai bentuk melestarikan dan menggelorakan olahraga maupun budaya lokal di Kalbar.

Ia mengemukakan keikutsertaan kali ini, selain untuk meraih prestasi, yang lebih ditekankan adalah nilai silaturahim dan kebersamaan sesama tim dalam mengembangkan dan mempertahankan kearifan lokal.

"Tentunya prestasi yang diraih adalah melalui usaha dan latihan yang intensif serta mempunyai jiwa korsa yang tinggi untuk bisa memberikan yang terbaik," katanya.

Ia menambahkan sebagai juara umum, tim sumpit Kodim 1202/Skw berhasil keluar menjadi juara 1 untuk perorangan putra atas nama Leo Dedy Anjiu, perorangan putri atas nama Angelica Casandra, juara 1 beregu putra atas nama Leo Dedy Anjiu, Andreas Aan dan Yulianus Doni dan beregu putri atas nama Angelica Casandra, Purnamasari dan Lia Carolin.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019