Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Manto Saidi mengatakan malam ini dilakukan rapat evaluasi terkait penutupan Jembatan Kapuas II di Sungai Raya, Kubu Raya  karena ada pemasangan bracing atau ikatan angin.

"Malam ini pukul 19.00 WIB,  Jembatan Kapuas 2 sudah kita buka," kata Manto Saidi dihubungi di Pontianak, Senin malam.

Manto menjelaskan penutupan akses jembatan tersebut dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas di Wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan sekitarnya.

Ia melanjutkan, ada beberapa alternatif jam penutupan. Seperti mengubah jam kerja perbaikan jembatan menjadi 18.00 sd 06.00 WIB. Atau, lanjut buka sela sore hari.

Baca juga: Terjadi kemacetan di Jembatan Kapuas II

Pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas ll dl Kecamatan Sungai Raya tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalbar.

Sebelumnya, penutupan jembatan tidak dilakukan secara total namun ditentukan waktunya yakni dari pukul 12.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

Sedangkan untuk pukul 00.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB akses jembatan bisa dilalui kendaraan.

Lanjutnya, selama pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas II dilaksanakan maka arus lalu lintas kendaraan yang melewati Jembatan Kapuas ll dltutup dan dialihkan ke Jembatan Kapuas I.

Dalam rangka meminimalisir tingkat kemacetan lalu lintas PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak sudah diminta untuk memperpanjang jam operasional di Dermaga Penyeberangan Bardan Siantan selama masa pekerjaan berlangsung.

Baca juga: Kendaraan angkutan 40 feet dilarang lewat Jembatan Kapuas II

Sementara kata dia, khusus untuk angkutan penumpang umum baik bus sedang dan besar, angkutan barang, alat berat dan kontainer diharapkan agar menyesuaikan dengan jadwal operasional Jembatan Kapuas II yang telah ditentukan.

“Untuk kendaraan angkutan umum dan besar ikuti jadwal dibukanya akses jembatan guna menghindari terjadinya kemacetan dan memenuhi daya dukung Jembatan Kapuas l,” jelas dia.

Lanjutnya, Direktorat Lalu Lintas Polda, Polresta Pontianak, Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya dan Satpol PP Provinsi Kalbar akan melakukan pengamanan dan pengawalan lalu lintas selama pelaksanaan pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas II berlangsung.

Dengan informasi yang ada diharapkan semua pihak menyesuaikan dan memaklumi proses perbaikan jembatan yang ada, katanya.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019