PT PLN (Persero) UIP Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) melalui Program PLN Peduli memberikan bantuan 51.000 bibit lele sebagai upaya ikut meningkatkan kesejahteraan warga Kecamatan Balai dan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Selain memberikan bibit kami juga memberikan peralatan budi daya seperti kolam berbentuk bioflok dan pakan lele,” ujar PLH Manajer PLN UPP Kitring KBB 2 Sintang, Vidy Andrias saat dihubungi di Sanggau, Kamis.

Vidy berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi warga yang berada di sekitar proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tayan-Sanggau. Program budi daya ikan lele ini dipilih karena manfaat ekonominya lebih cepat dirasakan oleh penerima manfaat sehingga dapat menjadi salah satu potensi tambahan pendapatan bagi masyarakat sekitar selain dari berkebun.

“PLN juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga, aparat desa, dan kecamatan yang selama ini telah mendukung proses pembangunan SUTT 150 kV Tayan-Sanggau. Kami berharap hubungan baik yang sudah terjalin selama ini dapat kita pererat lagi. Kami juga berharap, melalui program PLN Peduli ini kami dapat membantu masyarakat yang berada di sekitar pembangunan proyek ketenagalistrikan untuk meningkatkan taraf perekonomian nya,” imbuh nya.

Tidak hanya memberikan bantuan peralatan dan bibit lele, PLN juga membekali para penerima bantuan dengan program pelatihan budi daya lele. Materi penyuluhan disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Wilaatmana Detius Ivan dan Albert Hutton Sinaga.

Serangkaian kegiatan pelatihan budi daya ikan lele ini berlangsung di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Sanggau dan Kantor Kecamatan Tayan Hilir yang berlangsung pada 16-17 Oktober 2019.

Total penerima bantuan sebanyak 51 warga yang berasal dari 9 desa yaitu Desa Makkawing, Desa Temiang Mall, Desa Hilir, Desa Kebadu, Desa Senyabang, Desa Temiang Taba, Desa Kawat, Desa Cempedak, dan Desa Tebang Benua.

Pada kesempatan yang sama, Camat Balai, Lovianus Anus, mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan oleh PLN melalui program budi daya ikan lele ini.

“Seluruh warga yang menerima bantuan ini diminta untuk menjaga dan mengelola bantuan secara berkelanjutan, sehingga pendapatan warga dapat meningkat,” ujarnya.

Senada pernyataan Lovianus, Camat Tayan Hilir Ade Wawan juga menyampaikan bahwa keberadaan PLN sebagai salah satu BUMN ini selain menyediakan jasa ketenagalistrikan yang dapat mendukung kegiatan sehari-hari serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program CSR.

“Sanggau merupakan salah satu daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Kalbar, sehingga dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakatnya untuk meningkatkan perekonomian,” imbuhnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019