Forum Pemuda Peduli Daerah Mengingatkan (FPPD) Sambas, Kalimantan Barat meminta pimpinan DPRD Sambas yang baru dilantik untuk memaksimalkan pengawal anggaran dan kinerja eksekutif sehingga pembangunan berjalan lancar dan maju.

“Para pimpinan DPRD Sambas dan anggotanya tentu kita minta harus lebih serius dan konsisten dalam mengawal jalannya pemerintahan Kabupaten Sambas,” ujar Ketua FPPD, Pahmi saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Pahmi juga mengatakan pimpinan dewan juga harus berpihak kepada rakyat dalam hal kebijakan.

"Kebijakan juga harus berdasarkan keinginan rakyat jangan mau di politisi apalagi kalau misalnya terjadi kongkalikong antara pimpinan dewan dan pemerintah daerah" jelasnya.

Pimpinan dewan jangan hanya menjadi simbolik semata tapi harus serius dalam menjalankan amanah nya.

"Jangan hanya menjadi pimpinan yang simbolik saja tapi sebagai pimpinan rakyat harus berani mengambil kebijakan dan menyampaikan keterbukaan kepada rakyat terkait masalah-masalah masalah daerah. Jangan hanya membawa kepentingan dan ego golongan atau partai tapi harus membawa kepentingan bersama untuk rakyat,” tegas dia.

Untuk Kabupaten Sambas yang berbatasan darat langsung dengan negara Malaysia sebutnya memiliki potensi dan kekayaan yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara baik. Pemerintah baik legislatif maupun eksekutif harus membuat terobosan dan inovasi agar Sambas bisa maju.

“SDA kita memiliki keunggulan dengan luas wilayah dan potensinya, sektor pariwisata apalagi tinggal dikemas dan dipromosikan, sektor ekonomi kita berbatasan darat dan sektor lainnya tinggal digali dan dimanfaatkan,” kata dia.

Kabupaten Sambas menurutnya harus lebih fokus dalam membangun. Dengan letak strategis harus bisa menjemput proyek pembangunan baik dari provinsi maupun pusat.

“Kita daerah perbatasan dan barang tentu di sini juga banyak tugas pemerintah pusat yang harus adil. Pemerintah daerah tentu harus pandai mengusulkan dan mengkoordinasikan dengan pemerintah pusat agar daerah ini menjadi perhatian serius,” kata dia.

Hari ini,  Rabu (23/10) pimpinan DPRD Sambas hasil Pemilu 2019 dilantik. Sejumlah harapan dan amanah masyarakat tentu menjadi catatan dan tugas pimpinan DPRD tersebut.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019