Untuk memastikan program tepat sasaran dan mencapai target sesuai yang telah ditentukan, Pasahli Pangdam XII/Tpr Bidang Sosial Budaya Kolonel Inf Basuki Achmad, S dengan didampingi Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki, melakukan peninjauan pelaksanaan pembangunan Desa Mandiri yang dilaksanakan di Desa Belonsat dan Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, wilayah Kodim 1205/Sintang.

"Maksud kunjungan kami ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan program percepatan Desa Mandiri yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr melalui Kodim 1205/Stg," kata Kolonel Inf Basuki Achmad di Sintang, Rabu.

Dimana dalam pelaksanaan program percepatan Desa Mandiri, ada di 8 titik pekerjaan Desa Mandiri di wilayah Kodim 1205/Stg, 6 titik di Kabupaten Sintang dan 2 titik di Kabupaten Melawi.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Inf Basuki yang juga sebagai tim pengawasan dan evaluasi program percepatan Desa Mandiri Kodam XII/Tanjungpura itu beserta rombongan juga meninjau pembangunan drainase di Desa Belonsat yang saat ini sudah selesai dikerjakan serta pekerjaan rabat beton di Desa Batu Nanta yang masih dalam tahap pengerjaan.

"Kodam XII/Tpr melalui Kodim 1205/Stg telah melaksanakan pengerjaan desa mandiri ini selama kurang lebih 2 bulan. Saat ini sudah ada 4 titik pekerjaan yang telah selesai diantaranya adalah rabat beton, pembangunan drainase, rehab Poskesdes dan Rehab Kantor Desa," katanya.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan itu sebagai bentuk pertanggungjawaban Kodam XII/Tpr kepada Pemprov. Kalbar. Karena Program percepatan desa mandiri ini adalah merupakan kerjasama antara Kodam XII/Tpr dengan Pemprov. Kalbar.

Sementara itu, Dandim 1205/Stg, Letkol Inf Rachmat Basuki kepada Tim Wasev Kodam XII/Tpr menyampaikan bahwa selama pelaksanaan pembangunan desa mandiri, anggota Kodim 1205/Stg dibantu oleh masyarakat sekitar dalam proses pengerjaannya.

"Kami dan warga masyarakat bergotong royong bersama selama proses pekerjaan desa mandiri, hal ini agar dapat menumbuhkan jiwa gotong royong dan kemanunggalan TNI dengan rakyat," katanya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019