Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya akan menata Pasar Sungai Kakap, Kalimantan Barat, untuk memaksimalkan pelaksanaan ritual Robo'-robo' yang digelar disana setiap tahunnya, yang juga menjadi salah satu andalan pariwisata daerah tersebut.

"Untuk memaksimalkan pelaksanaan Robo'-robo' yang menjadi salah satu agenda wisata unggulan di Kubu Raya, kita berupaya supaya mudah-mudahan tahun ini bisa menata pasar dulu, karena kalau pasar sudah ditata, itu akan lebih mudah menyusun di mana kira-kira tempat yang tepat untuk panggung utama, dan pelaksanaan agenda lainnya, sehingga akan coba lakukan desain dulu," kata Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kalbar, Kamis.

Muda menilai momen Robo'-robo' sangat penting antara lain karena dengan waktu pelaksanaan cukup panjang, warga mendapatkan peluang ekonomi yang besar. 



"Makanya ke depan kita berupaya mengadakan ini jauh lebih rapi lagi, dengan melakukan penataan pada pasar ini. Kemudian untuk pendopo yang menjadi area utama pelaksanaan even ini, ke depan juga akan kita bangun," tuturnya.

Lebih khusus ia menegaskan, Robo'-robo' menjadi momentum tepat promosi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dalam ajang Robo'-robo ada peluang bagus untuk berdagang, termasuk para pedagang dari desa, dapat mencari relasi usaha di lokasi Robo'-robo'.

"Mudah-mudahan ke depan bisa ditampilkan produk UMKM dalam event ini, supaya terlihat oleh pasar. Kita sebenarnya punya UMKM banyak, tapi dalam ajang ini memang belum dikhususkan display-nya dan nanti akan dikoordinasikan dengan Dekranasda," jelasnya.

Terkait pembangunan pendopo untuk kegiatan Robo-Robo, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kubu Raya Zulkarnaen mendukung hal itu serta menyebut pendopo sangat mungkin untuk dibangun. 

Zulkarnaen juga berpendapat bahwa sosok Bupati Muda Mahendrawan dikenal sangat progresif terhadap beragam ide baru.


"Kita berharap ada semacam kenang-kenangan juga dari Bupati Muda Mahendrawan untuk masyarakat. Legislatif pasti mendukung penuh gagasan pembangunan pendopo ini. Karena ini aspirasi masyarakat," sebutnya.

Seperti biasa, pada pelaksanaan Robo'-robo' di Kecamatan Sungai Kakap, setiap tahunnya selalu dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Kubu Raya maupun sekitarnya. Pada kegiatan itu, masyarakat tumpah ruah untuk tidak melewatkan rangkaian demi rangkaian acara puncak Pekan Raya Robo'-robo' tersebut.

Perayaan Robo-robo yang dilakukan setiap tahun pada hari Rabu diakhir bulan Safar di tahun Hijiriah itu selalu menjadi magnet bagi masyarakat serta wisatawan mancanegara untuk menyaksikan langsung Pekan Raya Budaya Robo-robo.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019