Seorang ibu rumah tangga, asal Kabupaten Sintang, Brigita Juliana berusia 34 tahun menjadi satu - satunya peserta perempuan lomba  Cross Trobos (menggunakan sepeda motor trail) pada Festival Danau Sentarum 2019, di Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
"Saya ke sini beserta suami dan anak, treknya lumayan ekstrim, butuh tenaga ekstra untuk melintasinya," kata Brigita Juliana, ditemui disela - sela kegiatan, di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Disampaikan Brigita, dirinya menekuni hobi menggunakan sepeda motor trail itu sudah sangat lama, namun baru aktif kembali dua tahun terakhir.
 
Menurut dia, sudah empat kali mengikuti lomba sejenis dan ia pun mengaku merasa terpanggil ikuti kembali pada agenda pada Festival Danau Sentarum tahun ini.
 
"Ini memang hobi saya, didukung juga oleh suami yang juga ikut dalam kegiatan ini," jelas Brigita.
 
Ketua Panitia pelaksanaan Cross Trobos Festival Danau Sentarum 2019, Donatus Langit mengatakan cross trobos tahun ini diikuti oleh 30 peserta dan memang satu peserta seorang perempuan.
 
Dalam cross trobos kali ini peserta harus menempuh perjalan yang ekstrim dengan jarak tempuh 12 kilometer dengan berbagai tipe jalur bervariasi mulai trak biasa hingga trak yang ekstrim.
 
" Medan yang kita lalui ini memang cukup ekstrim dan lokasinya setiap tahun berbeda - beda sehingga peserta tidak bosan dan medannya cukup menantang," kata Donatus.
 
Cross Trobos merupakan salah satu agenda rangkaian dari pelaksanaan Festival Danau Sentarum, yang dilaksanakan setiap tahunnya.
 
Dengan tujuan untuk menarik perhatian wisatawan khusus yang memiliki jiwa petualang menggunakan sepeda motor jenis trail.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019