Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat Tjhai Chui Mie meminta kepada pedagang untuk tidak menaikkan harga semaunya menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Seperti biasanya, harga bahan pokok di pasaran akan naik menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Ini merupakan mekanisme pasar mengingat banyaknya permintaan jelang hari raya besar keagamaan, sementara stok bahan pokok terbatas," katanya di Singkawang, Selasa.

Meski demikian, dirinya menekankan kepada para pedagang agar tidak memanfaatkan situasi ini untuk sembarangan menaikkan harga.

"Karena kalau harga tiba-tiba naik, hal tersebut dapat memberatkan warga yang akan menghadapi hari raya Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Dia memaklumi, pengusaha akan mencari keuntungan, namun demikian masyarakat memerlukan bahan kebutuhan pokok hendaknya tidak dijual dengan harga yang tidak wajar.

Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga stok dan harga menjelang hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 seperti menggelar pasar murah baik dari Dinas Perindag Singkawang maupun Provinsi.

Pihaknya juga senantiasa memonitor perkembangan harga setiap hari di Pasar Tradisional.

"Jika memang ditemukan ada komoditi yang tiba-tiba naik atau langka, maka kita akan minta Bulog dan mitra Bulog untuk melakukan operasi pasar," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019